spot_img
Berandaterbaru5 Tempat Wisata Pendakian Gunung Jawa Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi

5 Tempat Wisata Pendakian Gunung Jawa Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi

Indonesia adalah negara dengan sejuta keindahannya, mulai dari laut, hutan, hingga pegunungannya. Saat ini, mendaki gunung sudah menjadi hobi bagi banyak orang dari berbagai kalangan. Memang walaupun tergolong kegiatan yang ekstrem dan melelahkan, namun mendaki gunung memberikan kesenangan tersendiri, terutama ketika berhasil berdiri di puncak gunung tersebut 

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi yang memiliki banyak pegunungan, mulai dari yang mudah hingga sulit didaki. Jawa Tengah juga menjadi provinsi yang sering menjadi tujuan para pendaki, hal tersebut dikarenakan banyak tempat wisata pendakian gunung Jawa Tengah. Jika kamu ingin mendaki gunung-gunung tertinggi di pulau jawa, maka Jawa Tengah wajib masuk dalam list tujuanmu.

Daftar Tempat wisata pendakian gunung Jawa Tengah dan Alamatnya

Jika kamu ingin mencoba mendaki gunung di Jawa Tengah namun masih kesulitan menentukan gunung yang menjadi tujuanmu, maka kamu bisa simak Daftar Tempat wisata pendakian gunung Jawa Tengah dan Alamatnya berikut:

Gunung Slamet

Mungkinkah Jika Gunung Slamet Meletus, Pulau Jawa Terbelah?
(inibaru.id)

Gunung Slamet merupakan gunung berapi yang terletak di antara lima kabupaten. Yaitu: Kabupaten Tegal, Kabupaten Banyumas, Kabupaten pemalang, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Purbalingga. Gunung dengan ketinggian 3432 MDPL ini terkenal dengan medannya yang terjal serta tidak tersedianya sumber air, maka dari itu pendaki diharuskan membawa persediaan air yang cukup.

 Gunung yang memiliki julukan “Atapnya Jawa Tengah” ini memiliki 3 jalur populer, yaitu via Bambangan yang ada di Purbalingga, via Baturaden yang ada di Banyumas, dan via Guci di Tegal. Untuk jalur pendakian menuju puncaknya, kamu akan menemukan jalur khas gunung berapi yang berpasir. Dan berkerikil. Maka dari itu pendaki diharuskan berhati-hati karena rentan terjadi batu longsor. 

Gunung Sindoro 

(unsplash.com)

Gunung Sindoro merupakan gunung berapi aktif yang terletak di Temanggung dan Wonosobo. Gunung yang memiliki ketinggian 3150 MDPL ini terletak di sisi barat laut dari Gunung Sumbing. Sehingga kamu dapat melihat Gunung Sumbing dengan jelas ketika kamu berdiri di puncak Sindoro.  Di jalur pendakian, kamu juga akan menemukan savana dengan hamparan Bunga edelweiss yang indah.

Umumnya, pendaki memilih mendaki dari jalur Kledung di Wonosobo dikarenakan letak basecamp nya yang dekat dengan jalan utama, sehingga akan lebih mudah ketika mencari transportasi. Selain jalur Kledung, Kamu juga bisa mendaki lewat jalur lain via Banaran dan Bansari di Temanggung  atau lewat Kebun Teh Tambi di Wonosobo. Pastikan kamu membawa masker agar tidak sesak nafas akibat asap belerang.

Gunung Sumbing

person standing on green field viewing mountain under white and blue sky during daytime
(unsplash.com)

Gunung Sumbing berdiri dengan ketinggian 3371 MDPL dan juga menjadi gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet. Gunung yang berdiri bersebelahan dengan Gunung Sindoro ini membentang sepanjang tiga daerah. Yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Magelang.

Jalur pendakian  Gunung Sumbing yang menjadi favorit adalah via Garung, Kecamatan Kalikajar, Wonosobo. Letaknya yang dekat dengan jalan membuat Basecamp Garung mudah dicapai oleh transportasi umum Namun, basecamp Gunung Sumbing juga dapat dijangkau melalui jalur lain seperti via Banaran di Temanggung, Bowongso di Wonosobo, dan Kaliangkrik yang ada di Magelang. 

Kamu akan disuguhkan dengan kaldera Gunung Sumbing yang luas serta menawan dimana terdapat sebuah kawah aktif, kawah mati serupa lautan pasir, dan petilasan tokoh setempat, Ki Ageng Makukuhan yang berbentuk seperti nisan makam.

Gunung Lawu

(genpi.com)

Gunung Lawu memiliki ketinggian 3265 MDPL dan menjadi gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah. Gunung yang sering menjadi favorit para pendaki ini terletak di 3 kabupaten, yaitu Karanganyar, Ngawi, dan Magetan. Puncak Gunung Lawu yang disebut dengan Puncak Hargo Dumilah merupakan batas wilayah antara Jawa Tengah dengan Jawa Timur.

Untuk mencapai Gunung Lawu dari Jawa Tengah, kamu bisa memilih jalur pendakian via Candi Cetho atau via Cemara Kandang. Sementara jalur pendakian dari Jawa Timur adalah via Cemoro Sewu. Gunung Lawu tidak hanya menjadi tujuan pendakian saja. Banyak juga orang mendaki gunung ini untuk berziarah serta melakukan ritual. konon Raja Terakhir Majapahit, Prabu Brawijaya V, melakukan moksa di gunung ini.

Gunung Prau

clouds under hill at daytime
Unsplash.com

Gunung yang hanya memiliki ketinggian 2590 MDPL ini merupakan gunung yang cocok untuk pendaki pemula dikarenakan tidak setinggi gunung-gunung lain dan jalurnya tidak terlalu curam. Di puncak Gunung Prau kamu akan menemukan pemandangan yang menakjubkan dengan hamparan padang rumput yang luas dan bukit-bukit teletubbies atau bukit-bukit hijau yang memperindah gunung ini.

Gunung Prau terletak diantara tiga kabupaten, yaitu Wonosobo, Kendal, dan Batang. Sementara Jalur Patak Banteng yang ada di kabupaten Wonosobo menjadi jalur yang paling sering dipilih ketika akan mengunjungi gunung tersebut.

Itulah beberapa tempat wisata pendakian gunung Jawa Tengah. Gunung adalah tempat yang harus dijaga kelestariannya. Maka dari itu, pastikan kamu tetap menjaga kebersihan dan keindahan di gunung tersebut ketika mendaki ya.

spot_img

latest articles

explore more