spot_img
BerandaEdukasiDeretan Situs Bersejarah di Jawa Tengah yang Ikonik

Deretan Situs Bersejarah di Jawa Tengah yang Ikonik

Jawa tengah merupakan salah satu provinsi di Jawa yang memiliki banyak keberagaman dalam sisi sejarah maupun kisah peradabannya. Diakui, bahwa situs bersejarah di Jawa Tengah sendiri memiliki banyak tempat yang saat ini masih dirawat dengan baik. Namun, ada juga yang mulai hilang ditelan waktu dan hanya tersisa tanda maupun simbol – simbol.

Apa yang Membuat Situs Sejarah di Jawa Tengah Terlihat Ikonik?

Selain itu, sisi eksotisme dalam peninggalan peradaban juga menjadi misteri, zaman penjajahan lalu banyak orang meninggal karena dipekerjakan paksa dan sebelum itu ada banyak kerajaan di pulau Jawa. Tak heran, jika jawa tengah menjadi tempat favorit untuk pemburu tempat ikonik yang perlu dilestarikan dan diketahui saat ini.

Berikut tempat – tempat bersejarah di Jawa Tengah yang ikonik dan patut kamu kunjungi, apa saja?

Ondo Rante

Ondo rante sendiri merupakan tempat bersejarah di Jawa Tengah yang asing namanya, namun bagi yang eksis sejarah tempat ini merupakan bangunan anak tangga atau jalan kecil ratusan meter yang membelah bukit Wungkal Kasap, Pakintelan. Tak jauh dari Lempuyangan, Banyumanik, Kota Semarang tempat ini menjadi destinasi sejarah ikonik yang perlu dilestarikan juga, lho!

Benteng Pendem

Nah, pasti kamu gak asing lagi kan sama yang namanya benteng pendem? Benteng ini merupakan bangunan tua peninggalan Belanda yang biasa disebut Fort Willem I. Berkembangnya zaman, saksi bisu kolonialisme dari negeri kincir angin tersebut terlihat ikonik dan menjadi tempat spot foto yang menarik perhatian terutama dari generasi millennial

Arsitektur yang masih oke dan terlihat autentik, membuat benteng ini masih berdiri gagah dan cocok dijadikan latar untuk berfoto. Beberapa orang juga memanfaatkan bangunan tua bersejarah ini untuk foto model maupun pre wedding, lho!

Museum Lawang Sewu

Sudah tak asing dengan Lawang Sewu kan? Tempat yang terkenal cocok untuk foto dan belajar wisata sejarah kereta api Indonesia ini menjadi tempat favorit setiap orang. Tempat ini dibangun sejak, 1904 hingga 1907. Meski bernama lawang sewu, nyatanya tempat ini hanya memiliki 928 pintu saja.

Gedung milik PT Kereta Api Indonesia ini menyimpan berbagai koleksi kereta api dari masa ke masa, mulai dari kereta uap, mesin tik hingga mesin hitung dan surat berharga. Tersedia perpustakaan, buku tentang kereta api dan acara lainnya seperti pentas seni, festival dan syuting.

Kota Lama

Jika kamu ingin menelusuri sejarah Indonesia, tempat bersejarah di Jawa Tengah ini terletak di Jalan Letjen Suprapto, kecamatan Semarang Utara. Kawasan ini memiliki nuansa bangunan ala Eropa yang dijadikan latar untuk swafoto.

Selain berfoto, tempat ini menjadi saksi bisu sejarah Indonesia. Pengunjung di kota lama ini bisa menaiki sepeda untuk berkeliling dan mencari barang – barang antik hingga berkunjung ke galeri Semarang.

Nah, sekarang tahu kan situs bersejarah di Jawa Tengah? Dengan mendalami sejarah dan ilmu yang ada, setiap orang perlu mengunjungi situs bersejarah agar memahami jalannya sejarah maupun terbentuknya situs tersebut. Banyak hal – hal yang tidak diketahui sehingga generasi saat ini perlu diajak untuk menyukai sejarah dan belajar banyak darinya.

spot_img

latest articles

explore more