Kumpulan Kerajinan Khas Jawa Tengah yang Unik dan Menarik

Ada banyak sekali daftar kerajinan khas Jawa Tengah yang begitu menarik dan eksotik. Beberapa diantaranya bahkan sudah menjadi komoditas perdagangan yang cukup menjanjikan. Tidak hanya itu, sektor industri kerajinan di Jawa Tengah juga merupakan salah satu penopang perekonomian daerah, lho.

Daftar Kerajinan Khas Jawa Tengah 

Kalau kamu penasaran dengan apa saja daftar kerajinan khas Jawa Tengah, berikut adalah beberapa kerajinan yang banyak dikenal masyarakat.

1. Daftar Kerajinan Khas Jawa Tengah : Batik

Batik merupakan salah satu produk asli Indonesia yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Di Indonesia terdapat beberapa wilayah sentra batik dengan ciri khasnya masing-masing. Salah satunya adalah kawasan Jawa Tengah. Beberapa wilayah di Jawa Tengah yang terkenal sebagai sentra batik antara lain Pekalongan, Solo, Semarang, Rembang, dan juga Tegal.

Banyaknya sentra penghasil batik berkualitas di Jawa Tengah membuat batik menjadi komoditas yang sangat menjanjikan.  Salah satu jenis batik yang terkenal dari Jawa Tengah adalah batik Semarang. Tidak seperti batik umumnya yang mengusung tema flora, batik Semarang justru menonjolkan pola motif fauna seperti merak, kupu-kupu, jago, cendrawasih, dan lain sebagainya.

2. Kain Tenun

Produk kerajinan khas Jawa Tengah yang berikutnya adalah kain tenun. Kalau kamu belum tahu, kain tenun adalah kain yang dibuat dengan cara menggabungkan benang-benang secara melintang dan memanjang membentuk kain. Salah satu kain tenun yang sangat terkenal di Jawa Tengah adalah tenun Troso yang berasal dari wilayah Kabupaten Jepara.

Baca juga  Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jawa Tengah dan Harganya

3. Kerajinan Ukir Dari Jawa Tengah

Sudah bukan rahasia lagi kalau Jawa Tengah juga dikenal sebagai sentra kerajinan ukir. Jepara menjadi Kabupaten di Jawa Tengah yang dikenal sebagai pusat kerajinan ukir terbaik. Bahkan produk ukiran dari Jepara ini sudah berhasil diekspor ke mancanegara.

Pada tahun 2010 yang lalu, produk ukir dari Jepara sudah berhasil diekspor ke lebih dari 106 negara. Total transaksi ekspor produk ukiran tersebut mencapai lebih dari Rp 1.190 triliun. Sebagai bentuk komitmennya, Pemerintah Daerah bahkan sudah mematenkan 99 motif ukir hias khas Jepara. Tujuannya adalah untuk melindungi motif ukir tersebut dari ancaman klaim negara lain.

4. Keramik

Produk kerajinan khas dari Jawa Tengah yang berikutnya adalah keramik. Beberapa wilayah di Jawa Tengah yang dikenal sebagai sentra keramik antara lain adalah Banjarnegara, Temanggung, dan juga Klaten.

Para pengrajin keramik tersebut memproduksi guci dengan berbagai macam ukuran, warna, dan juga motif yang bernilai seni tinggi. Guci-guci ini umumnya dijadikan sebagai hiasan ruang tamu ataupun ruang keluarga. Harga guci ini pun beragam mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan bergantung pada banyak faktor.

5. Wayang

Wayang merupakan seni pertunjukan yang begitu khas di Jawa dan Bali. Pada umumnya, wayang Jawa dibuat dari kulit sehingga dikenal sebagai wayang kulit. Salah satu wilayah yang terkenal penghasil wayang kulit berkualitas adalah Jawa Tengah. Beberapa diantaranya adalah Klaten, Surakarta, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, dan juga Boyolali.

6. Industri Kerajinan Kulit

Kulit juga menjadi produk kecantikan yang cukup menjanjikan di Jawa Tengah. Hingga saat ini ada cukup banyak wilayah yang menjadi sentra industri kerajinan kulit di Jawa Tengah. Salah satu yang paling populer adalah Palupi Craft yang berlokasi di Semarang Timur dan Zawa Leather Bag yang berada di Semarang Barat.

Baca juga  Bikin Ngiler! Inilah Makanan Khas Jawa Tengah dan Cara Membuatnya

Itulah beberapa daftar kerajinan khas Jawa Tengah yang perlu Anda ketahui. Berbekal ulasan tersebut, kamu tidak perlu bingung lagi kalau ingin mencari tahu kerajinan apa saja yang berasal dari Jawa Tengah.

Handayathttps://jateng.net
Seorang Content Writer dan Blogger yang sudah berkarir di dunia blogging 6 tahun lamanya. Sekarang menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro, prodi Ilmu Komunikasi.

Baca juga

Terbaru