Beranda blog

Fakta Unik Tentang Jawa Tengah yang Perlu Kamu Ketahui

0

Jawa Tengah yang sering disebut dengan Jateng ini merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah dari Pulau Jawa. Ibu kota dari Jawa Tengah adalah Semarang. Untuk lebih mengenal salah satu provinsi di Jawa ini, maka Anda bisa simak beberapa fakta unik tentang Jawa Tengah berikut ini. 

Fakta Unik Tentang Jawa Tengah

Jawa Tengah secara geografis dan budaya juga mencakup Daerah Istimewa Yogyakarta. Jawa Tengah sendiri dikenal sebagai jantung budaya Jawa. Meskipun demikian, di provinsi ini ada suku bangsa lain yang memiliki budaya berbeda dengan suku Jawa, seperti suku Sunda yang berada di perbatasan Jawa Barat. 

Selain itu, ada juga warga Tionghoa, Arab, India yang tersebar di seluruh provinsi Jawa Tengah. Sejak tahun 2008 lalu, provinsi Jawa Tengah ini memiliki hubungan kembar dengan provinsi Fujian yang ada di Tiongkok. 

Selain fakta ini, ada juga fakta-fakta unik lainnya tentang Jawa Tengah berikut ini yang perlu Anda ketahui. 

Letak Geografis

Secara geografis, wilayah Jawa Tengah berada di tengah Pulau Jawa. Di sebelah Barat, provinsi ini berbatasan dengan provinsi Jawa Barat. Sementata di sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sebelah Timur, berbatasan dengan Jawa Timur, dan di sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa. 

Untuk luas wilayahnya sendiri adalah 32.800,69 km persegi, atau sekitar 28,94 persen dari luas total dari pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah ini juga meliputi Pulau Nusakambangan yang berada di sebelah Selatannya, serta Kepulauan Karimunjawa di Laut Jawa. 

Sejarah Jawa Tengah

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang terbentuk sejak zaman Hindia Belanda. Hingga pada tahun 1905, Jawa Tengah telah terdiri dari 5 wilayah, yakni Semarang, Pati, Kedu, Banyumas, dan Pekalongan. 

Surakarta sendiri masih merupakan daerah swapraja kerajaan yang berdiri sendiri dan terdiri dari dua wilayah, yakni Kasunanan Surakarta, dan Mangkunegaran. 

Setelah diberlakukannya decentralisatie besluit di tahun 1905, gewesten diberi otonomi sendiri dan dibentuk sebagai dewan daerah. Selain itu, gemeente yang otonom diantaranya yakni Pekalongan, Tegal, Semarang, Salatiga, dan Magelang. 

Sejak tahun 1930, provinsi Jawa Tengah ini ditetapkan sebagai daerah otonom yang memiliki Dewan Provinsi. Provinsi ini terdiri atas beberapa karesidenan, yang meliputi beberapa kabupaten, dan dibagi dalam beberapa kawedanan. Provinsi Jawa Tengah sendiri terdiri dari 5 karesidenan, yakni Pekalongan, Pati, Semarang, Banyumas, dan Kedu. 

Perekonomian

Pertanian merupakan sektor utama dari perekonomian Jawa Tengah. Kawasan hutannya sendiri meliputi 20 persen wilayah provinsi, terutama pada bagian Utara dan Selatannya. Daerah Rembang, Blora, Grobogan merupakan salah satu wilayah penghasil kayu jati. 

Jawa Tengah juga memiliki sejumlah industri besar dan menengah. Kawasan industri utama yang ada di Jawa Tengah diantaranya adalah Semarang, Ungaran, Demak, dan Kudus. Kudus sendiri dikenal sebagai pusat industri rokok. Di Cilacap sendiri terdapat industri semen. Solo, Pekalongan dikenal sebagai kota batik bernuansa klasik. 

Selain fakta-fakta diatas, masih ada banyak sekali fakta mengenai Jawa Tengah yang perlu Anda ketahui. Mulai dari demografinya, pemerintahannya, pariwisatanya, perayaan, hingga tokoh-tokoh penting yang berhubungan dengan Jawa Tengah. 

Inilah sedikit fakta unik tentang Jawa Tengah yang perlu Anda ketahui. Sebagai warga negara Indonesia, ada baiknya jika Anda lebih mengenal wilayah-wilayah yang ada di Indonesia ini. Dengan begitu, maka Anda bisa lebih menghargai keberagaman suku dan budaya yang ada di Indonesia. 

Deretan Universitas Terbaik Jawa Tengah yang Paling Banyak Diminati

0
man in academic dress wearing mortar cap

Deretan universitas terbaik Jawa Tengah, memiliki keunggulan dan keunikan dari universitas di provinsi lain. Banyak anak rantau di Jawa Tengah memilih universitas di Solo, Semarang atau Yogyakarta yang menjadi pilihan utama mereka untuk menimba ilmu. Di sisi lain, biaya kuliah yang dikeluarkan juga relatif rendah daripada di provinsi lainnya, lho.

Berkuliah memang tak perlu memandang universitas, namun pribadi setiap orang berbeda – beda sehingga Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang diminati untuk mencari ilmu di perguruan tinggi. Terkenal dengan jurusan yang unik dan beragam, membuat universitas di Jawa Tengah seringkali dipilih lulusan baru.

Universitas Terbaik Jawa Tengah dan Profilnya

Nah, pasti bingung deh kenapa universitas di Jawa Tengah seringkali menjadi tujuan utama untuk berkuliah. Karena, biaya hidup di Jawa Tengah seperti Yogyakarta dan Solo yang relatif murah dan ingin memiliki pengalaman baru sehingga lulusan tersebut memilih Jawa Tengah sebagai tujuan utama berkuliah.

Berikut deretan universitas terbaik Jawa Tengah yang seringkali difavoritkan lulusan baru, kampus kamu ada?

Universitas Diponegoro

Salah satu universitas unggulan, universitas terbaik Jawa Tengah ini memiliki deretan prestasi mengagumkan. Undip menduduki peringkat kelima sebagai kampus terbaik dengan klasterisasi perguruan non-vokasi Kemenristekdikti 2018. Kampus ini juga menempati peringkat 50 World Greenmetrics Ranking.

Nah, tertarik masuk Undip kan? Ada beberapa fakultas terkenal yang bisa kamu pilih seperti perikanan dan ilmu kelautan, peternakan dan pertanian, kedokteran, psikologi serta sains dan matematika.

Universitas Gajah Mada (UGM)

image via tribunnews.com

Menjadi daerah yang sering dikunjungi, Yogyakarta merupakan tempat yang banyak dituju pelajar di Indonesia untuk menimba ilmu di perguruan tinggi. Menjadi kampus yang diperhitungkan kualitasnya, pemeringkatan QS Graduate Employability 2019 UGM berada di peringkat 301 dari 500 universitas dunia.

Universitas ini memiliki 18 fakultas dan sekolah vokasi serta pascasarjana. Biaya kuliah yang termasuk murah membuat UGM banyak diminati dan menjadi kampus idaman, selain itu banyak beasiswa unggulan seperti peningkatan prestasi akademik, beasiswa Chandra Asri Petrochemical, beasiswa Mitsubishi UFJ Foundation dan beasiswa Cendekia Baznas.

Universitas Sebelas Maret (UNS)

image via wikimedia

Salah satu universitas yang mendapat rekor MURI, universitas yang terletak di Solo ini bisa menjadi referensi kuliah kamu selanjutnya. Ada fakultas hukum, ekonomi bisnis, ilmu budaya dan kedokteran menjadi jurusan yang banyak diminati.

Biaya kuliah di universitas ini juga termasuk murah, mulai dari Rp 5 jutaan saja kamu bisa ikut jalur SNMPTN dan SBMPTN serta jalur mandiri. Tak ketinggalan, universitas ini juga menawarkan beasiswa resmi mulai dari bidikmisi, beasiswa riset baznas dan beasiswa brilian bank BRI menjadi pilihan terbaik untuk lulusan baru, lho.

Universitas Negeri Semarang 

image via handayat.com

Memiliki reputasi Internasional, universitas negeri Semarang ini memiliki visi dan misi yaitu tentang cara pandang dan perilaku yang mengorientasikan prinsip pada nilai – nilai pemeliharaan, penjagaan, pengembangan dan pelestarian. Universitas Semarang ini mendapat penghargaan peringkat 6 nasional Greenmetric World University Rankings 2020.

Fakultas yang ada di universitas ini terdiri dari bahasa dan seni, ekonomi, ilmu keolahragaan, ilmu pendidikan dan teknik. Nah, banyak sekali kan? Meskipun persaingan ketat, kamu bisa masuk ke kampus ini dengan nilai terbaikmu, lho!

Universitas Dian Nuswantoro

image via udinus.ac.id

Universitas terbaik Jawa Tengah yang terakhir adalah Udinus, universitas ini merupakan yayasan yang terdiri dari beberapa sekolah tinggi dan berfokus pada ilmu tertentu. Salah satunya adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Sekolah Tinggi Bahasa Asing dan Sekolah Tinggi Kesehatan.

Meningkatkan efisiensi kelembagaan untuk menjadi organisasi yang sehat dalam pengelolaan pendidikan menjadi tujuan utama Udinus didirikan. Fakultas yang bisa kamu pilih mulai dari Ilmu Komputer, Ilmu Budaya, Kesehatan, Teknik dan Ekonomi Bisnis menjadi jurusan idaman lulusan baru.

Bagaimana universitas terbaik Jawa Tengah di atas? Terjamin kualitas dan mutunya, masih banyak universitas lain yang lebih unggul dan memiliki beragam prestasi. Namun, jangan berputus asa ya! Ada banyak cara untuk berkuliah menggunakan jalur mandiri atau prestasi, carilah jurusan yang kamu inginkan lalu eksekusikan dengan kampus yang kamu tuju. 

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jawa Tengah dan Harganya

0

Jawa Tengah menjadi salah satu destinasi tujuan wisata yang semakin banyak digemari oleh para pelancong. Selain aksesnya yang mudah, wilayah Jawa Tengah juga menyediakan berbagai jenis tujuan wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari pegunungan, urban, hingga kawasan pantainya. Tak ketinggalan ada juga oleh-oleh khas Jawa Tengah dan harganya yang terjangkau.

Daftar Oleh-oleh Khas Jawa Tengah dan Harganya

Kalau kamu sedang melancong ke kawasan Jawa Tengah dan masih bingung mencari buah tangan, berikut adalah beberapa daftar oleh-oleh khas dari Jawa Tengah yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Oleh-oleh Khas Jawa Tengah dan Harganya : Lumpia Semarang

Lumpia menjadi oleh-oleh khas yang sangat populer dari Semarang. Bahkan nama oleh-oleh ini sudah menjadi ikon kota Semarang yang juga disebut sebagai Kota Lumpia.  Oleh-oleh khas Jawa Tengah dan harganya yang terjangkau ini memang kerap dipilih sebagai buah tangan saat melancong ke Semarang dan sekitarnya.

Selain bisa dinikmati di kota asalnya, Lumpia ini juga bisa kamu bawa pulang lho. Secara rata-rata, harga satu lumpia Semarang sekitar Rp 9.000 hingga Rp 12.000 bergantung pada tempat Anda membelinya. Untuk kamu yang beragama islam, harus sedikit harto-hati karena ada beberapa lumpia yang tidak halal. Jadi pastikan kamu bertanya dulu untuk memastikannya, ya.

2. Bandeng Presto Juwana  

Sebagai wilayah yang berada di kawasan pesisir, salah satu oleh-oleh yang juga populer di Jawa Tengah adalah Bandeng Presto Juwana. Kalau kamu mencari bandeng presto dengan kualitas yang prima, Semarang adalah sentranya.

Bandeng Presto di Semarang, Jawa Tengah ini dikemas sesuai dengan ukurannya. Harga per kemasan pun bisa berbeda-beda. Untuk bandeng berukuran kecil hingga sedang umumnya dibanderol pada kisaran Rp 60 ribuan. Sedangkan untuk bandeng besar berisi 3 ekor, bisa dibanderol hingga Rp 70 ribuan per kemasannya.

3. Wingko Babat

Wingko Babat menjadi pilihan oleh-oleh yang tidak kalah menarik untuk dipertimbangkan selanjutnya. Bagi kamu yang belum tahu, Wingko Babat adalah makanan berjenis kue yang dibuat dari bahan kelapa dengan cita rasa yang begitu legit. Meskipun jika ditelusuri kue ini berasal dari daerah Babat di Lamongan, namun wingko sudah sangat populer di Semarang.

Kamu bisa mendapatkan wingko babat dengan sangat mudah. Kalau kamu bingung, langsung saja ke kawasan Jalan Pandanaran di Semarang. Kawasan tersebut menjadi sentra tempat kamu bisa membeli Wingko Babat untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. 

4. Tahu Bakso Semarang

Sesuai namanya, cemilan ini merupakan makanan berupa tahu yang didalamnya disisipi dengan adonan bakso. Tahu Bakso tidak hanya populer di kawasan Jawa Tengah saja. Namun juga sudah terkenal hingga ke berbagai wilayah di Nusantara. Cemilan yang satu ini memiliki jumlah peminat yang sangat banyak sebab cita rasanya yang lezat dan unik.

Jika kamu sedang melancong ke Jawa Tengah, umumnya di Semarang maka Tahu Bakso bisa menjadi salah satu buah tangan. Untuk mendapatkan tahu bakso kualitas terbaik, kamu bisa mencarinya di daerah Ungaran, Semarang. Harganya pun cukup terjangkau. Satu kotak tahu bakso umumnya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 20 ribuan dengan isi 10 buah.

5. Roti Ganjel Rel

Meskipun namanya terdengar aneh, namun Roti Ganjel Rel menjadi salah satu oleh-oleh yang sangat populer di Jawa Tengah. Cita rasanya yang begitu khas dan istimewa membuat Roti ini banyak digemari oleh para pelancong. Bahan dasar pembuatan roti ini adalah tepung tapioka yang dicampur dengan kayu manis dan juga santan serta tambahan wijen pada bagian luarnya.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Jawa Tengah dan harganya yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru 2022 di Jawa Tengah

0

Liburan ke Jawa Tengah memang bisa menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Terlebih Provinsi yang beribukota di Semarang ini menawarkan aneka destinasi wisata yang mempesona. Mulai dari destinasi wisata pegunungan, urban, dan bahkan juga pantai yang memesona. Kalau kamu ingin liburan, ada banyak tempat wisata terbaru 2022 di Jawa Tengah yang bisa dikunjungi.

Daftar Tempat Wisata Terbaru 2022 di Jawa Tengah

Bagi kamu yang ingin melancong ke Jawa Tengah namun masih bingung dengan apa saja pilihan destinasinya, berikut adalah beberapa referensinya.

1. Tempat Wisata Terbaru 2022 di Jawa Tengah : Brown Canyon Semarang

Mungkin banyak diantara kamu yang sudah kenal dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Nyatanya, Semarang juga memiliki destinasi wisata alam yang tidak kalah menarik dari Grand Canyon. Namanya adalah Grand Brown yang begitu eksotik.

Tempat wisata ini berada di wilayah perbatasan dengan Kabupaten Demak. Grand Brown adalah area bekas galian bukit yang tampak begitu menjulang. Perbukitan berbatu curam dengan warna merah kecoklatan ini siap menawarkan sensasi liburan yang menyenangkan. 

2. Punthuk Setumbu Magelang  

Magelang tidak hanya terkenal dengan Candi Borobudur saja. Sebab wilayah Jawa Tengah ini juga memiliki destinasi wisata lain yang tidak kalah menariknya. Salah satunya adalah Punthuk Setumbu  yang berlokasi di Jl.Borobudur Ngadiharjo KM 4 km, Kurahan, Karangrejo, Kec. Borobudur, Magelang.

Tempat wisata perbukitan ini memiliki ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut dan masih berada dalam gugus Pegunungan Menoreh. Di kawasan ini, kamu bisa menikmati sunrise yang romantis dan juga megahnya Candi Borobudur dari kejauhan. Kalau beruntung, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan alam berkabut yang sangat eksotik.

3. Bukit Skoter

Kalau kamu ingin menikmati keindahan Dieng dari dataran tinggi, Bukit Skoter bisa menjadi pilihan spot terbaiknya. Di tempat ini, kamu bisa menikmati padatnya pemukiman dengan panorama berlatar pegunungan yang sangat menawan.

Bukit Skoter berlokasi di Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah. Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan ini pada pagi hari untuk menikmati Sunrise dan sore hari untuk memandangi Sunset.

4. Lembah Sindoro Posong Temanggung

Destinasi tempat wisata terbaru 2022 di Jawa Tengah yang bisa dipertimbangkan selanjutnya adalah Lembah Sindoro Posong yang berada di kawasan Temanggung. Tempat wisata ini berada di sekitar Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Lokasinya yang berada di Pegunungan membuat kawasan perbukitan ini terlihat sangat eksotik.

Kalau tertarik, kamu bisa mengunjungi tempat ini di Lembah Sindoro, Area Sawah, Tlahap, Kec. Temanggung, Temanggung. Kamu bisa menikmati pemandangan Sunrise yang begitu eksotis dari tempat ini. Di tempat ini terdapat gubuk-gubuk yang bisa digunakan sebagai spot untuk menyaksikan indahnya matahari terbit dari balik perbukitan.

5. Kebun Teh Medini

Kalau ingin menikmati indahnya hamparan kebun teh, kamu bisa berkunjung ke kawasan kebun teh Medini yang berada di Kendal. Kebun teh dengan luas sekitar 386 hektare ini berada di sebelah utara Gunung Ungaran. Tepatnya berlokasi di Desa Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan.

Lokasi yang terletak di ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut ini menawarkan keindahan alam yang begitu memesona. Tempat ini juga kerap dijadikan sebagai spot untuk foto Pre-Wedding dengan nuansa alam dan pegunungan.

Itulah beberapa referensi tempat wisata terbaru 2022 di Jawa Tengah yang bisa kamu pertimbangkan untuk liburan. Kini kamu tidak perlu bingung lagi kalau mau mencari spot wisata terbaik di Jawa Tengah dan sekitarnya.

Ini dia Daftar Penginapan dan Hotel Terbaik di Jawa Tengah

0

Ketika pergi melancong, hotel ataupun penginapan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab penginapan ini akan menjadi akomodasi yang bisa digunakan untuk beristirahat maupun staycation. Kalau kamu sedang berada di wilayah Jawa Tengah, berikut adalah beberapa rekomendasi daftar penginapan dan hotel terbaik di Jawa Tengah yang bisa dipertimbangkan.

Daftar Penginapan dan Hotel Terbaik di Jawa Tengah

Bagi kamu yang ingin mencari tempat menginap terbaik di kawasan Jawa Tengah, berikut ini adalah beberapa referensi hotel dan penginapan yang bisa dipertimbangkan.

1. Penginapan dan Hotel Terbaik di Jawa Tengah: Amanda Hills Bandungan

Kalau kamu ingin mencari hotel dengan panorama bernuansa pegunungan yang sangat cantik, Hotel Amanda Hills Bandungan adalah pilihannya. Hotel yang terletak di kawasan dataran tinggi ini menawarkan sensasi pemandangan yang menawan dengan udara sejuk khas pegunungan. Selain bisa digunakan untuk bulan madu, hotel ini juga cocok sebagai akomodasi untuk liburan keluarga.

Amanda Hills Bandungan berada di Jl. Nusa Indah, Ds. Kenteng, Bandungan, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50651. Selain memiliki panorama yang begitu menawan, hotel ini juga memiliki fasilitas cukup lengkap. Mulai dari kolam renang, kids playground, lapangan tenis, dan bahkan juga taman outdoor yang luas.

2. The Wujil Resort & Conventions  

Rekomendasi hotel terbaik yang ada di Jawa Tengah selanjutnya adalah The Wujil Resort & Conventions. Hotel ini menawarkan pemandangan khas Jawa Tengah yang begitu menawan. Hotel bernuansa modern ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik karena fasilitasnya yang juga tidak kalah lengkap.

Lokasi hotel ini sangat strategis yakni berada di antara Semarang, Jogja, dan juga Solo sehingga membuat penginapan ini sangat strategis. Hotel yang berlokasi di Jl. Nusa Indah, Ds. Kenteng, Bandungan, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50651 siap memanjakan liburan kamu selama menjelajahi kawasan Semarang dan Jawa Tengah.

3. Hotel Ciputra Semarang

Referensi penginapan dan hotel terbaik di Jawa Tengah yang tidak kalah menarik untuk dipertimbangkan adalah Hotel Ciputra Semarang. Hotel ini terletak di kawasan Simpang Lima yang merupakan daerah paling populer di Semarang Kota. Selain lokasinya yang sangat strategis dan berada di pusat kota, fasilitas yang dimiliki pun sangat lengkap.

Kamu bisa mengakses berbagai wilayah liburan yang sangat banyak di sekitaran hotel tersebut. Mulai dari kawasan Simpang Lima yang sangat populer, kota tua, dan lain sebagainya. Jadi kalau kamu ingin mencari hotel di pusat kota dengan harga yang relatif ramah, Hotel Ciputra Semarang adalah salah satunya.

4. Le Desa Resort Wonosobo

Ingin menikmati nuansa pedesaan yang begitu asri dan menyenangkan? Tidak perlu bingung sebab kamu bisa menggunakan Le Desa Resort Wonosobo. Penginapan ini menawarkan sensasi menginap seperti warga lokal asli. Kamu akan bermalam di penginapan yang mengusung bentuk Joglo dan dihiasi dengan berbagai pemandangan alam begitu menawan.

5. Supercamp Sakura Hills Karanganyar

Bila kamu ingin menikmati penginapan yang asri ala perkemahan, Supercamp Sakura Hills Karanganyar adalah pilihan terbaiknya. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang asri dan menawan, kamu juga bisa menikmati sensasi menginap di bungalow berbentuk segitiga mirip tenda. Pemandangan yang ditawarkan pun menghampar penuh pesona.

Itulah beberapa referensi penginapan dan hotel terbaik di Jawa Tengah yang bisa dijadikan referensi. Kini, kamu tidak perlu bingung lagi kalau ingin mencari tempat menginap terbaik di Jawa Tengah dan sekitarnya.

Bikin Ngiler! Inilah Makanan Khas Jawa Tengah dan Cara Membuatnya

0
Image via Tempo.co

Daerah Jawa Tengah memiliki makanan khasnya yang berasal dari berbagai wilayah kabupaten maupun kota. Rasa manis maupun pedasnya dapat memberikan kesan tersendiri bagi yang mencicipinya. Tanpa harus pergi ke sana, kamu juga dapat menikmatinya ko’. Berikut tiga jenis makanan khas Jawa Tengah dan cara membuatnya.

Garang Asem Ayam

Makanan ini berasal dari daerah Grobogan, namun sekarang sudah banyak dijumpai baik di wilayah Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Untuk membuatnya pun cukup mudah, kamu cukup menyiapkan bahan berikut.

Bahan-Bahan

  1. Ayam potong yang sudah dibersihkan.
  2. Santan.
  3. Bahan yang tidak dihaluskan seperti belimbing wuluh, tomat merah dan hijau, daun salam, cabai keriting, cabai rawit, cabai hijau besar, lengkuas, dan sereh.
  4. Bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri yang sudah disangrai, dan jahe.
  5. Daun pisang.

Cara membuat

  1. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai beraroma harum.
  2. Lalu, masukkan sereh, daun salam, dan lengkuas.
  3. Masukkan ayam potong dan aduk rata dengan bumbu.
  4. Tuang santan dan tunggu hingga mendidih.
  5. Tambahkan bumbu penyedap secukupnya.
  6. Masukkan cabai, tomat, dan belimbing wuluh yang sudah disiapkan.
  7. Kemudian, siapkan daun pisang untuk membungkus garang asem ayam. Tuangkan ayam dan bumbu ke dalam daun pisang, kuahnya tidak perlu terlalu banyak.
  8. Jika semuanya sudah terbungkus dengan daun, kukus garang asem tersebut dalam kurun waktu kurang lebih 30 menit hingga matang.

Soto Ayam

Masuk musim penghujan paling cocok makan makanan yang berkuah dan hangat, seperti soto ayam. Berikut ini adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah dan cara membuatnya.

Bahan-Bahan

  1. Untuk kuah soto, siapkan bawang putih, kemiri, pala, garam, dan merica. Haluskan semua bahan tersebut.
  2. Tomat, daun bawang, seledri, daun salam, sereh, dan gula pasir.
  3. Bihun.
  4. Kacang goreng dan bawang goreng.
  5. Potongan daun bawang dan kubis.
  6. Ayam goreng.
  7. Kecap manis.

Cara Membuat

  1. Panaskan minyak.
  2. Lalu, tumis semua bumbu hingga harum.
  3. Kemudian, masukkan bumbu dan daun salam ke dalam air panas, tunggu hingga mendidih. 
  4. Setelah mendidih, masukkan irisan tomat, daun bawang, dan seledri hingga layu.
  5. Tambahkan bumbu penyedap.
  6. Sajikan dengan bihun, kubis, daun bawang, suwiran ayam goreng, kacang goreng, bawang goreng, dan kecap manis. Lalu, tuangkan kuah soto ke dalam tempat penyajian.

Trancam

Makanan ini hampir serupa dengan urap. Trancam merupakan makanan khas Jawa Tengah dan cara membuatnya pun cukup mudah. Mari simak ulasan berikut.

Bahan-Bahan

  1. Kacang panjang
  2. Timun ukuran sedang
  3. Kol
  4. Kemangi
  5. Terong lalap
  6. Kelapa muda parut
  7. Jeruk limau
  8. Siapkan juga bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, kencur, terasi, daun jeruk, dan cabai rawit hijau.

Cara Membuat

  1. Kacang panjang dan kol diiris tipis-tipis.
  2. Kupas timun dan buang bijinya, lalu timun dipotong dadu.
  3. Petik kemangi dan pastikan batangnya tidak terbawa.
  4. Potong dadu terong lalap.
  5. Campurkan bumbu halus dengan bumbu penyedap dan masukkan bahan-bahan yang sudah dipotong maupun diiris.
  6. Aduk hingga merata sampai rasa sesuai selera.
  7. Supaya rasanya lebih enak, kamu bisa menambahkan perasan jeruk limau.

Demikianlah tiga menu makanan khas Jawa Tengah dan cara membuatnya. Sangat mudah bukan? 

Bahan-bahannya mudah ditemukan dan cara membuat makanannya pun tidak rumit. Selamat mencoba!

Kumpulan Kerajinan Khas Jawa Tengah yang Unik dan Menarik

0

Ada banyak sekali daftar kerajinan khas Jawa Tengah yang begitu menarik dan eksotik. Beberapa diantaranya bahkan sudah menjadi komoditas perdagangan yang cukup menjanjikan. Tidak hanya itu, sektor industri kerajinan di Jawa Tengah juga merupakan salah satu penopang perekonomian daerah, lho.

Daftar Kerajinan Khas Jawa Tengah 

Kalau kamu penasaran dengan apa saja daftar kerajinan khas Jawa Tengah, berikut adalah beberapa kerajinan yang banyak dikenal masyarakat.

1. Daftar Kerajinan Khas Jawa Tengah : Batik

Batik merupakan salah satu produk asli Indonesia yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Di Indonesia terdapat beberapa wilayah sentra batik dengan ciri khasnya masing-masing. Salah satunya adalah kawasan Jawa Tengah. Beberapa wilayah di Jawa Tengah yang terkenal sebagai sentra batik antara lain Pekalongan, Solo, Semarang, Rembang, dan juga Tegal.

Banyaknya sentra penghasil batik berkualitas di Jawa Tengah membuat batik menjadi komoditas yang sangat menjanjikan.  Salah satu jenis batik yang terkenal dari Jawa Tengah adalah batik Semarang. Tidak seperti batik umumnya yang mengusung tema flora, batik Semarang justru menonjolkan pola motif fauna seperti merak, kupu-kupu, jago, cendrawasih, dan lain sebagainya.

2. Kain Tenun

Produk kerajinan khas Jawa Tengah yang berikutnya adalah kain tenun. Kalau kamu belum tahu, kain tenun adalah kain yang dibuat dengan cara menggabungkan benang-benang secara melintang dan memanjang membentuk kain. Salah satu kain tenun yang sangat terkenal di Jawa Tengah adalah tenun Troso yang berasal dari wilayah Kabupaten Jepara.

3. Kerajinan Ukir Dari Jawa Tengah

Sudah bukan rahasia lagi kalau Jawa Tengah juga dikenal sebagai sentra kerajinan ukir. Jepara menjadi Kabupaten di Jawa Tengah yang dikenal sebagai pusat kerajinan ukir terbaik. Bahkan produk ukiran dari Jepara ini sudah berhasil diekspor ke mancanegara.

Pada tahun 2010 yang lalu, produk ukir dari Jepara sudah berhasil diekspor ke lebih dari 106 negara. Total transaksi ekspor produk ukiran tersebut mencapai lebih dari Rp 1.190 triliun. Sebagai bentuk komitmennya, Pemerintah Daerah bahkan sudah mematenkan 99 motif ukir hias khas Jepara. Tujuannya adalah untuk melindungi motif ukir tersebut dari ancaman klaim negara lain.

4. Keramik

Produk kerajinan khas dari Jawa Tengah yang berikutnya adalah keramik. Beberapa wilayah di Jawa Tengah yang dikenal sebagai sentra keramik antara lain adalah Banjarnegara, Temanggung, dan juga Klaten.

Para pengrajin keramik tersebut memproduksi guci dengan berbagai macam ukuran, warna, dan juga motif yang bernilai seni tinggi. Guci-guci ini umumnya dijadikan sebagai hiasan ruang tamu ataupun ruang keluarga. Harga guci ini pun beragam mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan bergantung pada banyak faktor.

5. Wayang

Wayang merupakan seni pertunjukan yang begitu khas di Jawa dan Bali. Pada umumnya, wayang Jawa dibuat dari kulit sehingga dikenal sebagai wayang kulit. Salah satu wilayah yang terkenal penghasil wayang kulit berkualitas adalah Jawa Tengah. Beberapa diantaranya adalah Klaten, Surakarta, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, dan juga Boyolali.

6. Industri Kerajinan Kulit

Kulit juga menjadi produk kecantikan yang cukup menjanjikan di Jawa Tengah. Hingga saat ini ada cukup banyak wilayah yang menjadi sentra industri kerajinan kulit di Jawa Tengah. Salah satu yang paling populer adalah Palupi Craft yang berlokasi di Semarang Timur dan Zawa Leather Bag yang berada di Semarang Barat.

Itulah beberapa daftar kerajinan khas Jawa Tengah yang perlu Anda ketahui. Berbekal ulasan tersebut, kamu tidak perlu bingung lagi kalau ingin mencari tahu kerajinan apa saja yang berasal dari Jawa Tengah.

Mengenal Profil Kota Solo dan Tempat Wisatanya, Lengkap!

0
image via wikimedia

Siapa yang tidak mengenal dengan kota Solo, Jawa Tengah. Suasana kota yang khas dan bikin betah ini memang tidak boleh kamu lewatkan, ya. rasanya kurang afdol jika kamu mengunjungi Kota Solo namun tidak mengenal profil dan wisata Solo

Di dalam artikel kali ini, kamu akan mendapatkan informasi seputar Solo. Simak baik-baik artikel kali ini, ya! jangan sampai ada yang terlewat. 

Kilasan Profil Kota Solo

Kota yang bernama asli Surakarta atau dikenal dengan nama Solo, merupakan salah satu daerah yang berada di Jawa Tengah.

Solo termasuk kota terbesar di Pulau Jawa bagian selatan. Penyebutan nama kota ‘Sala’ atau ‘Solo’ adalah sebuah rujukan penyebutan yang umum dikarenakan aspek kultural. 

Sebelum bergabung dengan RI Surakarta diperintah oleh Sunan Surakarta dan Adipati Mangkunegara. Sedangkan di masa Belanda menguasai Surakarta, Kota Surakarta disebut  sebagai Daerah Kerajaan—Vorstenland.

Hingga, setelah berdirinya RI pada 1 september 1945, Sinuhun Paku Buwana XII mengeluarkan maklumat yang menyatakan Nagari Surakarta Hadiningrat mendukung dan berada di belakang RI—Republik Indonesia. Setelah pernyataan tersebut selama 10 bulan Surakarta termasuk Daerah Istimewa Surakarta secara Yuridis.

Kota Solo ini pun memiliki 5 daerah kecamatan yang memiliki destinasi wisata dan kekreatifan yang tidak boleh kamu lewatkan, kelima kecamatan tersebut adalah, Banjarsari, Jebres, Laweyan, Pasar Kliwon, Serengan.

Nah itulah kilasan Informasi mengenai Kota Solo yang terkenal dengan keistimewaan wisata dan kulinernya. Daripada kamu semakin penasaran yuk langsung simak ulasan wisata Kota Solo

Ini Daftar Wisata Kota Solo

Di bawah ini merupakan beberapa wisata istimewa Solo yang bisa kamu kunjungi. 

The Lawu Park

Wisata ini terbilang masih baru, yang berada di Kabupaten Karanganyar, Solo. Tepatnya berada di kaki Gunung Lawu. Di tempat wisata ini kamu bisa menikmati kegiatan seru seperti hiking, forest walk, flying fox hingga sky walk, lho. 

Seru banget, kan? Jika kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi tempat satu ini dengan biaya tiket sebesar 15.000 saja. 

The Heritage Palace

Ingin menikmati suasana klasik dengan bangunan antik ala luar negeri? Kamu bisa mengunjungi tempat yang bernama Heritage Palace. Tempat satu ini sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat cocok untuk kamu yang senang mengambil foto, sebab terdapat banyak spot foto yang instagramable, lho. bikin liburan kamu semakin berkesan dengan The Heritage Palace. 

Museum Batik Danar Hadi

Jika kamu berkunjung ke Solo rasanya akan sayang sekali jika tidak mengunjungi tempat Museum Batik Danar Hadi. Budaya aneka ragam Solo bisa kamu nikmati di museum ini terlebih ragam koleksi batik. Tempat satu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata beredukasi.  

Keraton Surakarta Hadiningrat

Sayang, jika kamu menginjak Kota Solo tapi tak berkunjung ke Keraton Surakarta Hadiningrat. Di daerah keraton Surakarta ini terdapat banyak kawasan yakni alun-alun lor dan alun-alun kidul, siti hinggi lor n kidul, kemandungan lor kidul dan masih banyak kawasan lainnya.  

Grojogan Sewu

Ingin berwisata alam di Kota Solo? Kamu bisa mengunjungi wisata Grojogan Sewu. Wisata Grojogan Sewu merupakan pemkamungan alam air terjun yang tinggi dan tentunya akan menyegarkan mata kamu. keindahan alam ini tidak bisa kamu lupakan begitu saja.

Taman Sriwedari

Tak ada salahnya jika kamu mengunjungi tempat wisata bersejarah, Taman Sriwedari. Di wisata ini terdapat banyak peninggalan budaya dan seni. Tak hanya itu, di sini biasanya diadakan acara pertunjukan budaya, lho.

Nah itulah informasi mengenai profil dan wisata Solo yang harus kamu ketahui sebelum mendatangi Kota Solo.

Mengenal Profil UNS (Universitas Sebelas Maret) Lebih Dekat

0
image via wikimedia

Seperti yang kita ketahui bahwa daerah yang berada di pulau Jawa Tengah ini memang merupakan bagian istimewa pada jamannya. Tak jarang banyak orang memimpikan tinggal di tempat tersebut atau sekedar melanjutkan pendidikan tinggi, ya salah satunya adalah UNS. Dengan ini tidak ada salahnya, kan, mencari tahu mengenai profil UNS?

Melanjutkan pendidikan tinggi di universitas ternama dan dengan kawasan yang nyaman memang menjadi salah satunya impian. Terlebih jika itu adalah daerah Surakarta. Dari banyaknya universitas di Surakarta salah satunya adalah Universitas Sebelas Maret atau dikenal UNS.  

Kilas Informasi Profil UNS

Siapa sih yang tidak kenal dengan salah satu universitas ternama di Surakarta Jawa Tengah ini? Salah satu kampus yang memiliki motto ‘Mangesthi Luhur Ambangun Nagara’. Selain itu, UNS ini telah mendapatkan rekor muri, lho. luar biasa bukan?

Universitas Sebelas Maret atau yang sering kita kenal dengan UNS merupakan universitas yang berdiri tepat di tahun 1976, 11 maret. Terletak di JL. Ir Sutami No.36A, Surakarta, Jawa Tengah.

Kehadiran Universitas Sebelas Maret dilatarbelakangi dengan keinginan untuk mendirikan sebuah universitas sebab umur kota yang sudah berpuluhan tahun. Sayangnya, akibat peperangan dan perekonomian membuat mimpi tersebut terurungkan.

 Setelah kekacauan berakhir tepatnya di tahun 1953, mimpi tersebut kembali berkeinginan untuk diwujudkan. Namun di saat pembentukan panitia, usaha tersebut gagal sebelum dimulai.

Hingga di tahun 1963 sebuah universitas bernama Kota Praja Surakarta—UKPS berdiri walau tidak bertahan lama akibat kekacauan adanya peristiwa G30S PKI.

Meski begitu, di tahun 1967, tepatnya 11 Maret kembali lah berdiri Universitas yang digagas oleh Wali Kota Surakarta hasil dari Universitas Gabungan dengan universitas lainnya, yakni yang tak lain adalah Universitas Sebelas Maret. 

Fasilitas UNS

Universitas Sebelas Maret memiliki fasilitas yang terbilang lengkap dan menunjang kebutuhan pendidikan para Mahasiswanya. Di antara fasilitas yang dimiliki oleh UNS antaranya:

  1. Perpustakaan
  2. Auditorium Utama
  3. Tempat Ibadah
  4. Gor dan Stadion
  5. Lapangan Olahraga
  6. Asrama Mahasiswa
  7. Medical Centre UNS
  8. Rumah sakit Pendidikan UNS
  9. Hotspot Area
  10. Transportasi Kampus
  11. Hotel Penginapan 
  12. Dll

nah itulah beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati jika Anda menjadi salah satu mahasiswa UNS-Universitas Sebelas Maret. 

Fakultas dan Prodi UNS

UNS—Universitas Sebelas Maret memiliki 11 fakultas yang di antaranya adalah:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ilmu akuntansi Manajemen

Ekonomi

Fakultas Hukum

Ilmu Hukum

Fakultas Ilmu Budaya

Sastra Inggris 

Sastra & Bahasa Asing 

Sastra & Bahasa Daerah

Sastra Arab 

Sastra Indonesia

Fakultas Kedokteran

Pendidikan Dokter

Psikolog

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Keguruan & Pendidikan 

Pendidikan Bahasa Indonesia

Pendidikan Bahasa Inggris

Akuntansi 

Ilmu Administrasi

Ilmu Komputer

Fakultas Pertanian

Agribisnis

Agroteknologi

Ilmu dan Teknologi Pangan

Kehutanan

Fakultas Seni Rupa dan Desain

Desain

Seni Rupa

Desain Komunikasi Visual

Desain Interior

Fakultas Teknik

Perencanaan Wilayah dan Kota

Ilmu Teknik

Teknik Elektro

Teknik Industri

Teknik Kimia

Teknik Mesin

Arsitektur

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Statistika 

Biologi 

Farmasi 

Fisika 

Kimia

Matematika 

Teknik Lingkungan 

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Ilmu Komunikasi

Hubungan Internasional

Administrasi Negara

Sosiologi

Fakultas Keolahragaan

Pendidikan Olahraga

Nah itulah beberapa fakultas serta prodi yang dimiliki oleh Universitas Sebelas Maret. Jadi di antara banyaknya fakultas dan prodi di atas, manakah yang Anda minati?

Mengenal Tempat Wisata Baturaden di Banyumas

0
green and brown wooden houses near body of water during daytime

Baturaden menjadi salah satu spot wisata terbaik di Banyumas, Jawa Tengah. Destinasi ini kerap menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong karena memang menawarkan panorama wisata  yang begitu mengagumkan. Kalau kamu juga tertarik untuk mengunjungi tempat wisata Jawa Tengah tersebut, terlebih dahulu perlu mengetahui profil tempat wisata Baturaden Banyumas

Inilah Profil Tempat Wisata Baturaden Banyumas

Baturaden sudah menjadi salah satu tempat wisata  yang sangat terkenal. Tempat liburan ini kerap menjadi pilihan terbaik bagi para pelancong yang ingin menggelar liburan keluarga. Sebab konsep taman hiburan di Baturaden ini memang cocok untuk digunakan sebagai tempat libur keluarga.

Sekilas Tentang Profil Tempat Wisata Baturaden Banyumas

Baturaden merupakan sebuah resort wisata yang menyuguhkan berbagai macam wahana liburan terbaik bagi para wisatawan. Beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh resort wisata ini antara lain adalah Mini Train, panorama air terjun, kolam renang, dan bahkan juga perahu dayung.

Nama Baturaden diambil dari kisah legenda mengenai sepasang kekasih yang memiliki nasib kurang baik. Kedua kekasih tersebut adalah batur (seorang pelayan laki-laki) dan Raden (sebutan untuk perempuan dari kelas Bangsawan).

Berawal dari legenda klasik tersebut nama Baturraden mulai disematkan pada tempat wisata itu. Seiring perkembangan zaman, kawasan Baturaden sendiri telah menjelma menjadi tempat wisata terbaik dan berkualitas yang menawarkan konsep hiburan keluarga. Jadi kalau kamu ingin menikmati liburan bersama keluarga, Baturaden bisa menjadi salah satu pilihannya.

Lokasi Wisata Baturaden

Tempat wisata Baturaden berada di sebelah selatan lereng Gunung Slamet. Jika dari kota Purwokerto, tempat ini berjarak sekitar 14 km di sebelah utaranya. Secara geografis tempat wisata ini berada di kawasan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Baturaden merupakan tempat wisata yang berada di daerah dataran tinggi. Tempat ini berada sekitar 640 meter di atas permukaan laut. Wilayahnya yang berada di kawasan dataran tinggi membuat Baturaden dikenal dengan hawanya yang begitu sejuk dan segar.

Maka dari itu, tidak mengherankan kalau tempat ini kerap menjadi pilihan banyak pelancong terutama pada hari libur dan weekend. Untuk menunjang kenyamanan pada pengunjung, tempat ini pun tersedia banyak fasilitas mulai dari penginapan, hotel, dan bahkan juga camping ground.

Tiket Masuk Wisata Baturaden

Tidak akan lengkap ketika membahas profil tempat wisata Baturaden Banyumas bila tidak mengulas tentang harga tiket masuknya. Harga tiket masuk wisata Baturaden terbaru adalah Rp 14.000. Menggunakan harga tiket tersebut, kamu sudah bisa masuk dan menikmati aneka pemandangan menarik yang ada di kawasan taman hiburan Baturaden.

Namun kalau kamu ingin masuk ke dalam Teater Alam harus membayar tiket sebesar Rp 5.000. Sedangkan kalau mau masuk ke Pancuran Telu harus membayar biaya Rp 10.000. Harga tiket yang relatif cukup terjangkau, bukan?

Lokasi Menarik di Baturaden

Sebagai tempat hiburan terbaik, Baturaden memiliki beberapa spot menarik yang harus dikunjungi. Beberapa diantaranya adalah :

Kaloka Widya Mandala

Tempat ni merupakan sebuah kebun binatang yang juga digunakan sebagai tempat wisata edukasi. Kebun Binatang ini diresmikan sejak 17 Mei 1995 dan menjadi salah satu ikon menarik di Baturaden. Arena ini perlu dikunjungi saat kamu ke Baturaden.

Teater Alam Baturaden

Tempat ini merupakan sebuah  bioskop yang berbentuk pesawat. Tampilannya yang unik dan menarik membuat tempat ini mampu menarik banyak pengunjung di Baturaden.

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Kamu juga bisa menikmati pemandian air panas ketika di Baturaden. Di Pancuran Pitu ataupun Pancuran Telu merupakan tempat pemandian air panas alami yang memiliki kandungan belerang. Keduanya menjadi spot wisata  favorit banyak pelancong karena bisa untuk bersantai sambil menikmati air panas alami.

Itulah ulasan mengenai profil tempat wisata Baturaden Banyumas. Semoga bermanfaat untuk referensi wisata kamu.