Bangkitkan Semangat Literasi di Tengah Keterbatasan, Tim KKN UNS 106 Sulap Taman Baca Terbengkalai Jadi Oase Ilmu di Dusun Gumantar

JATENG.NET, LOMBOK UTARA - Kelompok KKN UNS 106 yang bertempat di Dusun Gumantar, Desa Gumantar, Lombok Utara yang bertema Desa Tangguh Bencana.

JATENG.NET, LOMBOK UTARA - Kelompok KKN UNS 106 yang bertempat di Dusun Gumantar, Desa Gumantar, Lombok Utara yang bertema Desa Tangguh Bencana telah menyelesaikan program kerja utama yaitu Taman Baca Gumantar yang sebelumnya telah didirikan oleh KKN UNS Dusun Gumantar periode sebelumnya. 

Selain digunakan sebagai tempat membaca, warga Dusun Gumantar menggunakan Taman Baca Gumantar sebagai tempat untuk kegiatan bersama seperti posyandu anak-anak dan pengecekan ibu hamil. 

Hal ini dilakukan karena letak taman baca yang berada di tengah pemukiman warga Dusun Gumantar sehingga lebih mudah diakses oleh seluruh warga. 

Program revitalisasi Taman Baca Gumantar dilakukan dengan tujuan untuk lebih menarik minat literasi anak-anak di Dusun Gumantar serta agar lebih nyaman ketika digunakan sebagai tempat posyandu anak-anak atau kegiatan lainnya. 

Kondisi taman baca yang sebelumnya telah direvitalisasi juga oleh tim KKN UNS periode sebelumnya, kini menjadi terbengkalai karena kurangnya kesadaran warga untuk merawat fasilitas umum tersebut meskipun sering digunakan. 

Tim KKN UNS 106 melakukan revitalisasi berupa membersihkan taman baca, merapikan rumput di sekitarnya, merapikan meja, menata lemari buku, mengelompokkan kembali jenis-jenis buku, mengaci lantai baca, serta mendekorasi taman baca agar menjadi lebih menarik. 

Beberapa hal yang dilakukan oleh tim KKN UNS 106 pada proses revitalisasi ini diantaranya yaitu:

Pembenahan Interior Taman Baca

Tim KKN UNS 106 melakukan pembenahan interior taman baca dengan mengaci halus lantai taman baca yang sebelumnya lebih kasar. 

Hal ini dilakukan agar warga Dusun Gumantar lebih nyaman ketika menggunakan taman baca. Selain itu, tim KKN UNS 106 juga melakukan pengecatan tembok yang sebelumnya telah kotor karena kurang dirawat.

Penambahan Inventaris

Invetaris taman baca yang sudah ada sebelumnya yaitu meja, lemari buku, dan berbagai jenis buku. Tim KKN UNS 106 melakukan pembersihan meja yang sebelumnya berdebu dengan mengelap meja dan menjemur meja agar tidak lembab. 

Lemari buku yang sebelumnya berantakan dirapikan, lalu buku-buku juga dirapikan serta dikelompokkan berdasarkan jenis buku yang sama agar mempermudah anak-anak ketika ingin membaca suatu jenis buku.

Dekorasi Taman Baca

Dekorasi taman baca dilakukan dengan mengecat dinding bagian dalam taman baca. Selaian itu, tim KKN UNS 1106 juga melukis dinding dengan pemandangan gunung agara lebih menarik anak-anak untuk mngunjungi taman baca. 

Pada sisi lain dinding taman baca, tim KKN UNS mengajak anak-anak di Dusun Gumantar untuk turut berpartisipasi dalam mendekorasi dinding. 

Anak-anak berperan dalam mengecat tangan dengan cat warna-warni lalu menempelkan di dinding. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membangun rasa kebersamaan antara tim KKN UNS dengan anak sekitar Dusun Gumantar. 

Dalam proses revitalisasi Taman Baca Gumantar, tim KKN UNS 106 juga dibantu oleh warga sekitar. Ketika mengaci halus lantai taman baca, para pemuda gotong royong membantu secara sukarela agar proses pengerjaan menjadi lebih cepat. 

Di samping itu, ibu-ibu dan tim KKN UNS 106 bekerja sama untuk menyediakan konsumsi dengan memasak bersama. 

Upaya revitalisasi Taman Baca Gumantar ini didukung penuh oleh  Warga Gumantar karena mereka menyadari minat literasi anak-anak yang rendah. 

Oleh karena itu, melalui revitalisasi ini diharapkan agar minat baca menjadi lebih meningkat dan anak-anak tertarik mengunjungi taman baca. 

Langkah meningkatkan minat literasi oleh KKN UNS 2024 ini diharapkan menjadi inspirasi bagi anak-anak dan para pemuda di Dusun Gumantar untuk menjadi perhatian lebih lanjut pada tahun selanjutnya bahwa literasi itu penting sebagai dasar dalam menambah ilmu pengetahuan baik di dalam sekolah maupun luar sekolah.

Editor: Ardi Handayat

Nama

Akomodasi,2,Destinasi Wisata,19,Ekonomi Kreatif,31,Hotel,1,Khazanah,2,kuliner,6,oleh-oleh,1,Pendidikan,277,Rekomendasi,28,Terbaru,79,Travelling,14,Wisata Alam,5,Wisata Arsitektur,2,Wisata Kuliner,6,
ltr
item
Jateng.net: Bangkitkan Semangat Literasi di Tengah Keterbatasan, Tim KKN UNS 106 Sulap Taman Baca Terbengkalai Jadi Oase Ilmu di Dusun Gumantar
Bangkitkan Semangat Literasi di Tengah Keterbatasan, Tim KKN UNS 106 Sulap Taman Baca Terbengkalai Jadi Oase Ilmu di Dusun Gumantar
JATENG.NET, LOMBOK UTARA - Kelompok KKN UNS 106 yang bertempat di Dusun Gumantar, Desa Gumantar, Lombok Utara yang bertema Desa Tangguh Bencana.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEt34e0S0xzeauWxj92sFG2bAOObDnp-jgtER8IU545lekyYoqgSGqy9jn6aaQZyaW9HExg4vqKJN9w0VA72dSFSLgOuQyTGP5uoV2AQksJwE7w0PD0HSYtwl0tZZgKXJMzugFg9e-SexlWAmwpFST3TLTpIGncAUK2Qw1TGyMkyyvwqMlyr1bNXqM46g/s320/wefewew.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEt34e0S0xzeauWxj92sFG2bAOObDnp-jgtER8IU545lekyYoqgSGqy9jn6aaQZyaW9HExg4vqKJN9w0VA72dSFSLgOuQyTGP5uoV2AQksJwE7w0PD0HSYtwl0tZZgKXJMzugFg9e-SexlWAmwpFST3TLTpIGncAUK2Qw1TGyMkyyvwqMlyr1bNXqM46g/s72-c/wefewew.jpg
Jateng.net
https://www.jateng.net/2024/09/bangkitkan-semangat-literasi-di-tengah.html
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/2024/09/bangkitkan-semangat-literasi-di-tengah.html
true
286759587895392098
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi