Keren! Ini dia Inovasi Mahasiswa KKN UNDIP dalam Mengatasi Pembuangan Sampah Sembarangan di Desa Pulosari

esa Pulosari tengah bertransformasi menjadi desa yang lebih bersih dan sehat. Melalui sebuah inovasi sederhana namun efektif, yakni kanal pengaduan.

JATENG.NET - Desa Pulosari tengah bertransformasi menjadi desa yang lebih bersih dan sehat. Melalui sebuah inovasi sederhana namun efektif, yakni kanal pengaduan, warga kini memiliki peran aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. 

Selama ini, permasalahan sampah di Desa Pulosari menjadi perhatian serius. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan, praktik membuang sampah sembarangan masih sulit diberantas. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, sebuah solusi kreatif mulai diterapkan. Mahasiswa KKN UNDIP 2023/2024 menginisiasi program sosialisasi kanal pengaduan sebagai sarana pelaporan tindakan melanggar peraturan pengelolaan sampah.

"Kanal pengaduan ini merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat," ujar Gresia Rachel Tarida, mahasiswa KKN UNDIP jurusan Administrasi Publik 2021 yang menjadi inisiator program ini. "Dengan adanya kanal ini, setiap warga dapat berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Mereka tidak hanya menjadi objek dari kebijakan, tetapi juga menjadi subjek yang turut serta dalam menciptakan perubahan."

Sosialisasi kanal pengaduan dilakukan secara langsung kepada masyarakat, khususnya ibu-ibu PKK pada Minggu (21/07/2024). Dalam sosialisasi tersebut, peserta antusias mengajukan berbagai pertanyaan, salah satunya terkait cara melaporkan pelanggaran jika tidak membawa ponsel. Tim KKN pun memberikan solusi kreatif, yaitu dengan menyediakan formulir online yang dapat diisi kemudian. 

Kanal pengaduan ini tidak hanya memudahkan masyarakat dalam melaporkan pelanggaran, tetapi juga memperkuat pengawasan terhadap pengelolaan sampah. BUMDes Pulosari, yang bertanggung jawab atas pengelolaan sampah, telah menerima dan akan memanfaatkan kanal pengaduan ini untuk memantau kinerja mereka dan juga sebagai bahan evaluasi.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari mahasiswa KKN ini," ujar Pak Kuncoro, Ketua BUMDes Pulosari. "Kanal pengaduan ini akan menjadi alat yang sangat berguna bagi kami dalam meningkatkan kinerja dan juga melibatkan masyarakat secara langsung dalam menjaga kebersihan lingkungan." pada Rabu (24/07/2024).

Dengan adanya kanal pengaduan, diharapkan setiap tindakan pelanggaran dapat ditindaklanjuti dengan cepat dan tepat. Selain itu, kanal ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Editor: Nur Ardi

Nama

Akomodasi,2,Destinasi Wisata,19,Ekonomi Kreatif,32,Hotel,1,Khazanah,2,kuliner,6,oleh-oleh,1,Pendidikan,278,Rekomendasi,28,Terbaru,79,Travelling,14,Wisata Alam,5,Wisata Arsitektur,2,Wisata Kuliner,6,
ltr
item
Jateng.net: Keren! Ini dia Inovasi Mahasiswa KKN UNDIP dalam Mengatasi Pembuangan Sampah Sembarangan di Desa Pulosari
Keren! Ini dia Inovasi Mahasiswa KKN UNDIP dalam Mengatasi Pembuangan Sampah Sembarangan di Desa Pulosari
esa Pulosari tengah bertransformasi menjadi desa yang lebih bersih dan sehat. Melalui sebuah inovasi sederhana namun efektif, yakni kanal pengaduan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkpn-BNULHL1tRLIbtgicCDPhdX2Q2yRWzdozoLqLOOBGlx6nSgdQP_fWflotYRvob8PMbvcK4gLsNLwweLWfnwbGskElJ6Va24N2LOQO56vY9nRvQtjQIdRgu1__VOHPgqksALicreqGZ6ex8DK6tFibFnc6ej9wFwrTwzmOyoNYVnTo2RxcI3uIH_LU/s16000/8998Gambar1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgkpn-BNULHL1tRLIbtgicCDPhdX2Q2yRWzdozoLqLOOBGlx6nSgdQP_fWflotYRvob8PMbvcK4gLsNLwweLWfnwbGskElJ6Va24N2LOQO56vY9nRvQtjQIdRgu1__VOHPgqksALicreqGZ6ex8DK6tFibFnc6ej9wFwrTwzmOyoNYVnTo2RxcI3uIH_LU/s72-c/8998Gambar1.jpg
Jateng.net
https://www.jateng.net/2024/08/keren-ini-dia-inovasi-mahasiswa-kkn.html
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/2024/08/keren-ini-dia-inovasi-mahasiswa-kkn.html
true
286759587895392098
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi