Intip Keseruan Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan Siswa MI Nurul Ulum Desa Depok Menabung!

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP melaksanakan kegiatan “Gemar Menabung” di MI Nurul Ulum Desa Depok, dipimpin oleh Fathia Intan Fazahra dari jurusan Ekonomi

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP melaksanakan kegiatan “Gemar Menabung” di MI Nurul Ulum Desa Depok, dipimpin oleh Fathia Intan Fazahra dari jurusan Ekonomi.
BATANG — Pada (24/07/2024) mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP) telah melaksanakan kegiatan edukatif bertema “Gemar Menabung” di MI Nurul Ulum, Desa Depok. Kegiatan ini merupakan bagian dari program monodisiplin yang diinisiasi oleh Fathia Intan Fazahra, mahasiswa jurusan Ekonomi Universitas Diponegoro, yang bertujuan menanamkan kebiasaan menabung pada siswa kelas 3.

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 dengan sambutan hangat dari mahasiswa KKN Tim II UNDIP. “Selamat pagi, anak-anak! Apa kabar? Hari ini kita akan belajar tentang menabung, seru kan?” sapa salah satu mahasiswa, disambut dengan semangat oleh para siswa. Setelah perkenalan singkat, dilakukan ice breaking yang membuat suasana semakin ceria dan penuh semangat.

Materi pertama yang disampaikan adalah pengertian menabung. Dengan cara yang sederhana, mahasiswa menjelaskan bahwa menabung berarti menyimpan sebagian uang yang kita miliki untuk digunakan di masa depan. “Kalau kita menabung, nanti kita bisa beli mainan atau barang yang kita inginkan,” jelas Fathia Intan Fazahra, koordinator kegiatan.

Mahasiswa KKN menjelaskan bahwa menabung dapat memberikan rasa aman karena uang tidak mudah hilang, bisa digunakan untuk membeli barang yang diinginkan, dan mengajarkan kebiasaan baik dalam mengelola uang. “Dengan menabung, kalian bisa membeli mainan yang kalian inginkan tanpa perlu meminta terus kepada orang tua,” ujar Fathia. Selanjutnya, anak-anak diajarkan cara menabung yang baik. Mereka diajarkan untuk rutin menyisihkan sebagian uang jajan, menentukan tujuan menabung, dan membuat catatan kecil setiap kali menabung. “Kalau kalian menabung sedikit demi sedikit setiap hari, lama-lama akan terkumpul banyak,” motivasi mahasiswa KKN kepada siswa. Diskusi tentang manfaat menabung menjadi sesi yang menarik. Mahasiswa KKN mengajukan beberapa pertanyaan berhadiah yang membuat para siswa menjadi tambah antusias.

Sesi yang paling dinantikan adalah mewarnai celengan. Setiap siswa diberikan celengan plastik dan alat mewarnai. Anak-anak tampak antusias menghias celengan mereka dengan warna-warni ceria. Sambil mewarnai, mereka menuliskan tujuan menabung di celengan tersebut, seperti “untuk beli buku cerita” atau “untuk hadiah ulang tahun.” 

Kegiatan diakhiri dengan rangkuman materi dan pesan motivasi dari mahasiswa KKN. “Menabung itu menyenangkan dan bermanfaat. Ayo, mulai menabung dari sekarang untuk masa depan yang lebih cerah,” pesan Fathia kepada siswa-siswa. Mereka juga berterima kasih atas partisipasi aktif dari siswa selama kegiatan.

Guru-guru di MI Nurul Ulum Desa Depok menyambut baik kegiatan ini. “Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN Tim II UNDIP atas kegiatan yang bermanfaat ini. Anak-anak jadi lebih paham dan termotivasi untuk menabung,” ujar salah satu guru.

Kegiatan “Gemar Menabung” yang diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN Tim II UNDIP di MI Nurul Ulum Desa Depok berjalan dengan sukses dan memberikan dampak positif. Edukasi keuangan yang diberikan dengan cara yang menyenangkan ini diharapkan dapat membentuk kebiasaan baik menabung pada siswa sejak dini. Dengan penuh semangat dan kreativitas, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP berhasil mengajarkan pentingnya menabung dan membuktikan bahwa kegiatan edukatif bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan menarik.

Penulis: Fathia Intan Fazahra

Editor: Anggita Putri

Nama

Akomodasi,2,Destinasi Wisata,19,Ekonomi Kreatif,32,Hotel,1,Khazanah,2,kuliner,6,oleh-oleh,1,Pendidikan,278,Rekomendasi,28,Terbaru,79,Travelling,14,Wisata Alam,5,Wisata Arsitektur,2,Wisata Kuliner,6,
ltr
item
Jateng.net: Intip Keseruan Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan Siswa MI Nurul Ulum Desa Depok Menabung!
Intip Keseruan Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan Siswa MI Nurul Ulum Desa Depok Menabung!
Mahasiswa KKN Tim II UNDIP melaksanakan kegiatan “Gemar Menabung” di MI Nurul Ulum Desa Depok, dipimpin oleh Fathia Intan Fazahra dari jurusan Ekonomi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgn2SAA-5BuS811pT2a2yCRQPJ_Fe4wLizYBS1yY2UduNrRBEptT03caLuGhd9USEpB99bkzgN-RRsv8WMGXmT5qVX5W_Ec9ucoekUiqt4YzxYvkxm-oDVkJ02tbb_h1lXVOjdoypa4SDYZ_DNOvro47VN1kM1sxeqtyqfHcWsC0uG3LR9-vUl6Oa76Meg/s16000/Gambar13433.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgn2SAA-5BuS811pT2a2yCRQPJ_Fe4wLizYBS1yY2UduNrRBEptT03caLuGhd9USEpB99bkzgN-RRsv8WMGXmT5qVX5W_Ec9ucoekUiqt4YzxYvkxm-oDVkJ02tbb_h1lXVOjdoypa4SDYZ_DNOvro47VN1kM1sxeqtyqfHcWsC0uG3LR9-vUl6Oa76Meg/s72-c/Gambar13433.jpg
Jateng.net
https://www.jateng.net/2024/08/intip-keseruan-mahasiswa-kkn-undip-ajarkan-siswa-mi-nurul-ulum-desa-depok-menabung.html
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/2024/08/intip-keseruan-mahasiswa-kkn-undip-ajarkan-siswa-mi-nurul-ulum-desa-depok-menabung.html
true
286759587895392098
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi