Hadapi Ancaman Penipuan Online, Mahasiswa KKN Undip Turun Tangan Edukasi Masyarakat

Mahasiswa Teknik Komputer, Diana Nur Ariva, melakukan edukasi waspada penipuan online pada aplikasi di Balai Desa Jrakah, Pemalang.

PEMALANG - Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun ini yang diadakan oleh mahasiswa S1 Teknik Komputer Universitas Diponegoro berhasil menyelesaikan sebuah program edukasi bertema “Waspada Penipuan Online pada Aplikasi Demi Menciptakan Masyarakat yang Kritis terhadap Teknologi”. Program ini diadakan pada Minggu (4/8/24) sebagai tanggapan atas maraknya kasus penipuan online yang semakin meresahkan masyarakat, khususnya di era digital saat ini.

Mahasiswa Teknik Komputer, Diana Nur Ariva, melakukan edukasi waspada penipuan online pada aplikasi di Balai Desa Jrakah, Pemalang.

Dalam rangka memberikan pemahaman lebih baik mengenai ancaman penipuan online dan bagaimana menghadapinya, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II dari Universitas Diponegoro menggelar program edukasi di Balai Desa Jrakah, Pemalang. Edukasi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan strategi kepada masyarakat agar lebih waspada dan kritis dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin berkembang.

Pada tanggal 4 Agustus 2024, program edukasi diadakan di Balai Desa Jrakah, yang dihadiri oleh karang taruna dan masyarakat Desa Jrakah. Mahasiswa yang melaksanakan program edukasi, Diana Nur Ariva dari Jurusan Teknik Komputer, Fakultas Teknik, memberikan materi mengenai penjelasan umum penipuan online, modus penipuan online, contoh penipuan online, serta langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil oleh Masyarakat. Acara ini diikuti dengan antusias dan memberikan kesempatan bagi warga untuk bertanya langsung kepada mahasiswa.

Selain penyampaian materi secara lisan, mahasiswa juga menyediakan leaflet infografis yang dirancang untuk memberikan informasi visual tentang penipuan online dan cara menghindarinya. Leaflet ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memahami isu yang kompleks serta mendorong mereka agar lebih waspada saat berinteraksi secara online.

Masyarakat juga diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada para mahasiswa tentang segala hal yang berkaitan dengan penipuan online dan penggunaan teknologi dengan bijak. Diskusi ini bertujuan untuk menjawab keraguan dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada masyarakat.

Diana, mahasiswa yang terlibat aktif dalam program ini, mengungkapkan, "Saya berharap program edukasi ini dapat membantu para karang taruna dan masyarakat lainnya agar lebih peka dan kritis terhadap risiko penipuan online yang semakin meningkat seiring dengan kemajuan teknologi.”

Kontribusi Diana sebagai Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro dalam edukasi pencegahan penipuan online diharapkan mampu meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai risiko yang ada di dunia digital. Dengan peningkatan kesadaran ini, diharapkan masyarakat dapat mengambil langkah yang lebih bijaksana untuk melindungi keamanan dan privasi mereka saat beraktivitas di dunia maya.

Editor: Nur Ardi

Nama

Akomodasi,2,Destinasi Wisata,19,Ekonomi Kreatif,32,Hotel,1,Khazanah,2,kuliner,6,oleh-oleh,1,Pendidikan,278,Rekomendasi,28,Terbaru,79,Travelling,14,Wisata Alam,5,Wisata Arsitektur,2,Wisata Kuliner,6,
ltr
item
Jateng.net: Hadapi Ancaman Penipuan Online, Mahasiswa KKN Undip Turun Tangan Edukasi Masyarakat
Hadapi Ancaman Penipuan Online, Mahasiswa KKN Undip Turun Tangan Edukasi Masyarakat
Mahasiswa Teknik Komputer, Diana Nur Ariva, melakukan edukasi waspada penipuan online pada aplikasi di Balai Desa Jrakah, Pemalang.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgiFrc0JFJQfYMBoifOBPKFdsNggPXFwEcIhTlPdL_xoVLw-cl-Cgvs2WJRHEtebpXCHTk6bI2M2TMe3ErDQHWcvBWJvNNkawpz2XZtfuSRmOayQf9AYTMC5_BY4YTSRPRmWGi8HAgrGeZGw_6_zWJT0hh-rs9JsPu7g6wF6afdXLIHotIHhoMLRWccCM/s16000/4234343Gambar1.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgiFrc0JFJQfYMBoifOBPKFdsNggPXFwEcIhTlPdL_xoVLw-cl-Cgvs2WJRHEtebpXCHTk6bI2M2TMe3ErDQHWcvBWJvNNkawpz2XZtfuSRmOayQf9AYTMC5_BY4YTSRPRmWGi8HAgrGeZGw_6_zWJT0hh-rs9JsPu7g6wF6afdXLIHotIHhoMLRWccCM/s72-c/4234343Gambar1.png
Jateng.net
https://www.jateng.net/2024/08/hadapi-ancaman-penipuan-online-mahasiswa-kkn-undip-turun-tangan.html
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/2024/08/hadapi-ancaman-penipuan-online-mahasiswa-kkn-undip-turun-tangan.html
true
286759587895392098
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi