Dorong Jiwa Kepemimpinan, Mahasiswi KKN UNDIP Ini Adakan Pelatihan Interaktif kepada Siswa SD

Aisya Tjahja Rahmadewi selaku mahasiswi Ilmu Pemerintahan sekaligus peserta KKN Tim II Undip di Desa Jatilawang...

BOYOLALI ─ Karakter kepemimpinan merupakan kemampuan seseorang dalam memimpin, mengarahkan, memotivasi, dan mempengaruhi orang lain demi mencapai tujuan bersama. Kemampuan ini bukan hanya dimiliki oleh orang dewasa, melainkan juga dapat dikembangkan sejak usia dini. 

Akan tetapi, karakter kepemimpinan tidak dapat tumbuh begitu saja, melainkan perlu ditanam dengan proses yang cukup panjang. Dalam hal ini, anak-anak usia sekolah dasar (SD) adalah waktu yang tepat untuk mulai melatih jiwa atau karakter kepemimpinan mereka.

Menyadari hal tersebut, maka Aisya Tjahja Rahmadewi selaku mahasiswi Ilmu Pemerintahan sekaligus peserta KKN Tim II Undip di Desa Jatilawang, Kecamatan Wonosamodro, Kabupaten Boyolali, menyelenggarakan program kerja monodisiplin berupa pelatihan bertajuk “Penerapan Karakter Kepemimpinan pada Siswa” sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan kontribusi nyata kepada masyarakat khusunya bagi anak-anak SD setempat. 

Program ini dirancang untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan serta membentuk karakter yang kuat dan berintegritas. Selain itu, program kerja ini juga membantu pelaksana dalam mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku perkuliahan, tepatnya di program studi Ilmu Pemerintahan, yang mana kepemimpinan menjadi salah satu aspek penting yang dipelajari, terutama dalam konteks bagaimana pemimpin dapat mempengaruhi dan mengarahkan masyarakat.

Murid-murid di SD Negeri 01 Jatilawang

Program pelatihan ini dilaksanakan pada Jumat (2/08/24) di SD Negeri 01 Jatilawang dengan sasaran program yaitu murid kelas lima. Untuk metode pelaksanaannya, pelatihan ini dilaksanakan melalui dua aspek, yaitu aspek kognitif melalui penyampaian materi yang disusul dengan sesi tanya jawab kepada murid, kemudian aspek psikomotorik melalui praktik dengan permainan edukatif yang menunjang kerja sama tim. 

Murid juga didorong untuk berani tampil, menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, dan belajar bekerja sama secara tim. Selama keberjalanan program ini, murid cukup antusias dalam mengikuti materi dan berhasil menciptakan suasana kelas yang interaktif. Adapun luaran atau output yang dihasilkan dari program kerja ini adalah leaflet berisi materi terkait penerapan karakter kepemimpinan pada siswa yang dibagikan kepada murid kelas lima SD Negeri 01 Jatilawang selaku sasaran program.

Keberhasilan program ini tidak terlepas dari antusiasme para peserta dan dukungan penuh dari seluruh pihak SD Negeri 01 Jatilawang, khususnya Bapak Mundakir selaku kepala sekolah dan Bapak Aris Muthohar selaku wali kelas 5, yang telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat menuntaskan program kerja ini dengan baik. 

Program kerja ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam membentuk karakter siswa yang berintegritas, mandiri, dan mampu menjadi pemimpin yang bertanggung jawab di masa depan.

Penulis: Aisya Tjahja Rahmadewi

DPL: Dr. Muchammad, ST., MT.

Editor: Nur Ardi

Nama

Akomodasi,2,Destinasi Wisata,19,Ekonomi Kreatif,32,Hotel,1,Khazanah,2,kuliner,6,oleh-oleh,1,Pendidikan,278,Rekomendasi,28,Terbaru,79,Travelling,14,Wisata Alam,5,Wisata Arsitektur,2,Wisata Kuliner,6,
ltr
item
Jateng.net: Dorong Jiwa Kepemimpinan, Mahasiswi KKN UNDIP Ini Adakan Pelatihan Interaktif kepada Siswa SD
Dorong Jiwa Kepemimpinan, Mahasiswi KKN UNDIP Ini Adakan Pelatihan Interaktif kepada Siswa SD
Aisya Tjahja Rahmadewi selaku mahasiswi Ilmu Pemerintahan sekaligus peserta KKN Tim II Undip di Desa Jatilawang...
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjigm4n2bLZBas6lMoJy7CQAAZn5LKPfe_WhGFVdEk3C_eFKm_t6UlPuLX_-ZMie7zxaMAeROsPwzNjMR1EInH_dZmdix1TQkS3ZMrHNH9DvPds1M3oxtcMEhXKYlr9Y2_2wIgtoL82tkLfWzMoAFK8r1iOHLZztkgjiqxcQz6Et21Nowa2Ct10hSrnRoY/s16000/53535Gambar1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjigm4n2bLZBas6lMoJy7CQAAZn5LKPfe_WhGFVdEk3C_eFKm_t6UlPuLX_-ZMie7zxaMAeROsPwzNjMR1EInH_dZmdix1TQkS3ZMrHNH9DvPds1M3oxtcMEhXKYlr9Y2_2wIgtoL82tkLfWzMoAFK8r1iOHLZztkgjiqxcQz6Et21Nowa2Ct10hSrnRoY/s72-c/53535Gambar1.jpg
Jateng.net
https://www.jateng.net/2024/08/dorong-jiwa-kepemimpinan-mahasiswi-kkn-undip.html
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/2024/08/dorong-jiwa-kepemimpinan-mahasiswi-kkn-undip.html
true
286759587895392098
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi