Bantu UMKM Ngudi Raos Desa Rowoboni Daftar Sertifikasi IP-CPPOB, Mahasiswa KKN-T UNDIP Lakukan Pembuatan Dokumen Panduan Mutu serta Edukasi Mengenai Pengendalian Bahan Kimia Non Pangan

JATENG.NET, KAB. SEMARANG - Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) merupakan salah satu program unggulan dari Universitas Diponegoro (UNDIP) yang bertu...

JATENG.NET, KAB. SEMARANG - Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) merupakan salah satu program unggulan dari Universitas Diponegoro (UNDIP) yang bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari di bangku kuliah. 

Program yang dilaksanakan pada Jumat (16/08/2024) ini diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, khususnya dalam mendorong kemajuan dan keberlanjutan berbagai sektor, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Salah satu kegiatan KKN-T yang dilakukan oleh mahasiswa UNDIP adalah pendampingan UMKM dalam proses sertifikasi produk dan pengelolaan bahan kimia non pangan.

Disini mahasiswa KKN-T UNDIP memberikan upaya dalam mendukung UMKM Ngudi Raos di Desa Rowoboni untuk mendapatkan sertifikasi IP-CPPOB (Izin Produksi-Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik) dengan pembuatan dokumen panduan mutu dan edukasi mengenai pengendalian bahan kimia non pangan.

UMKM Ngudi Raos adalah salah satu usaha mikro yang berbasis di Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Usaha ini bergerak di bidang produksi produk pangan yang memerlukan standar kualitas tertentu untuk memastikan keselamatan dan kepuasan konsumen. 

Dengan meningkatnya persaingan pasar dan kebutuhan akan produk yang berkualitas, UMKM ini menyadari pentingnya mendapatkan sertifikasi IP-CPPOB sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kredibilitas dan daya saing.

Sertifikasi IP-CPPOB adalah pengakuan resmi yang diberikan kepada perusahaan atau UMKM yang memenuhi standar tertentu dalam produksi barang non pangan. Sertifikasi ini penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, memenuhi regulasi, dan meningkatkan daya saing, dengan sertifikasi ini, UMKM dapat bersaing di pasar yang lebih luas, baik nasional maupun internasional.

Mahasiswa KKN-T UNDIP yang terlibat dalam pendampingan UMKM Ngudi Raos terdiri dari berbagai disiplin ilmu, termasuk Ekonomi Islam, Kedokteran, Perencanaan Wilayah dan Kota dan ilmu Perikanan. Mereka melakukan beberapa langkah strategis untuk membantu UMKM ini dalam proses sertifikasi IP-CPPOB.

Langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan identifikasi kebutuhan dan evaluasi awal terhadap kondisi UMKM. Mahasiswa melakukan kunjungan lapangan untuk memahami proses produksi, sistem manajemen yang ada, serta kendala-kendala yang dihadapi oleh UMKM.

Salah satu kontribusi utama mahasiswa adalah pembuatan dokumen panduan mutu. Dokumen ini mencakup berbagai aspek penting dari proses produksi, mulai dari bahan baku, proses produksi, hingga kontrol kualitas. 

Pembuatan dokumen ini melibatkan penentuan standar mutu untuk menetapkan standar kualitas yang harus dipenuhi dalam setiap tahap produksi, pengaturan proses produksi dengan menyusun prosedur operasional standar (SOP) untuk setiap tahapan produksi, serta membuat sistem dokumentasi dan pelaporan yang memungkinkan pemantauan kualitas produk secara efektif.

Pengendalian bahan kimia non pangan adalah aspek penting dalam produksi barang non pangan. Mahasiswa KKN-T memberikan edukasi kepada pihak UMKM mengenai cara-cara pengendalian bahan kimia untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan aman digunakan. 

Edukasi ini mencakup penanganan dan penyimpanan bahan kimia untuk memberikan informasi tentang cara yang benar dalam menangani dan menyimpan bahan kimia untuk mencegah kontaminasi dan bahaya kesehatan.

Setelah dokumen panduan mutu selesai dan edukasi mengenai bahan kimia dilakukan, mahasiswa KKN-T membantu UMKM dalam proses pendaftaran sertifikasi IP-CPPOB. 

Mereka memberikan bimbingan dalam hal persiapan dokumen, pengisian formulir pendaftaran sertifikasi dan memastikan semua data yang diperlukan sudah lengkap serta menjadi penghubung antara UMKM dan lembaga sertifikasi untuk memastikan proses pendaftaran berjalan lancar.

Program KKN-T UNDIP telah memberikan kontribusi yang bagi UMKM Ngudi Raos di Desa Rowoboni melalui pendampingan dalam proses sertifikasi IP-CPPOB. 

Dengan pembuatan dokumen panduan mutu dan edukasi mengenai pengendalian bahan kimia non pangan, UMKM ini kini lebih siap untuk menghadapi tantangan di pasar dan memenuhi standar kualitas yang diperlukan. Keberhasilan ini juga mencerminkan pentingnya peran serta mahasiswa dalam mendukung pengembangan UMKM dan memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

Kegiatan ini tidak hanya membantu UMKM dalam mencapai sertifikasi, tetapi juga memperkuat keterampilan praktis mahasiswa dalam penerapan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari. Semoga kegiatan serupa dapat terus dilakukan dan memberikan manfaat bagi lebih banyak UMKM di berbagai daerah, serta mendorong pertumbuhan ekonomi lokal yang berkelanjutan.

Oleh : Genova Shaula
Prodi : Kedokteran - Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Editor : Nur Ardi

Nama

Akomodasi,2,Destinasi Wisata,19,Ekonomi Kreatif,32,Hotel,1,Khazanah,2,kuliner,6,oleh-oleh,1,Pendidikan,278,Rekomendasi,28,Terbaru,79,Travelling,14,Wisata Alam,5,Wisata Arsitektur,2,Wisata Kuliner,6,
ltr
item
Jateng.net: Bantu UMKM Ngudi Raos Desa Rowoboni Daftar Sertifikasi IP-CPPOB, Mahasiswa KKN-T UNDIP Lakukan Pembuatan Dokumen Panduan Mutu serta Edukasi Mengenai Pengendalian Bahan Kimia Non Pangan
Bantu UMKM Ngudi Raos Desa Rowoboni Daftar Sertifikasi IP-CPPOB, Mahasiswa KKN-T UNDIP Lakukan Pembuatan Dokumen Panduan Mutu serta Edukasi Mengenai Pengendalian Bahan Kimia Non Pangan
JATENG.NET, KAB. SEMARANG - Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) merupakan salah satu program unggulan dari Universitas Diponegoro (UNDIP) yang bertu...
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh8eO4rjn0VPjePkt-mTX95rztYzgebinqe7V5WueM3fmHau0gE9ONPnlFNk-tqzzLXqbkDCV_7EYxcQnq_NYWjNBvOTbkYERC8cveh1Nk0x0Kjw1USZ86_5PRuZlruRSRhFfUg_fsxFMdsTh-yAWb5AGjclyiVzE6K-GC3fKZFVHatBpY9CyRtTQDPDvY/s320/efwfewefwweGambar1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh8eO4rjn0VPjePkt-mTX95rztYzgebinqe7V5WueM3fmHau0gE9ONPnlFNk-tqzzLXqbkDCV_7EYxcQnq_NYWjNBvOTbkYERC8cveh1Nk0x0Kjw1USZ86_5PRuZlruRSRhFfUg_fsxFMdsTh-yAWb5AGjclyiVzE6K-GC3fKZFVHatBpY9CyRtTQDPDvY/s72-c/efwfewefwweGambar1.jpg
Jateng.net
https://www.jateng.net/2024/08/bantu-umkm-ngudi-raos-desa-rowoboni.html
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/2024/08/bantu-umkm-ngudi-raos-desa-rowoboni.html
true
286759587895392098
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi