Bantu UMKM Desa Pulosari Bertransformasi, Mahasiswa KKN Undip Adakan Pelatihan Pembuatan Identitas UMKM Secara Digital

Prida Najwa Azzahra mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis 2021 mengadakan Program Kerja mengenai pelatihan dalam pembuatan identitas..

KARANGANYAR - Di Desa Pulosari terdapat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak pada bidang makanan, minuman, jasa, interior dan lain sebagainya. UMKM yang ada menjadi salah satu pencaharian bagi warga di Desa Pulosari selain pencaharian utamanya sebagai petani dan karyawan pabrik. Melihat dari perkembangan zaman sekarang ini yang serba digital, maka perlu adanya pemasaran secara digital untuk meningkatkan brand image dari produk UMKM tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya pengetahuan menganai pembuatan identitas usaha pada pelaku UMKM. 

Tujuan dari hak tersebut untuk menjangkau dan meningkatkan pernjualan pelaku UMKM. Mengingat pentingnya brand image terhadap produk dari UMKM, maka perlunya sosialisasi mengenai hal tersebut. Pelaku UMKM di Desa Pulosari sendiri belum melakukan pembuatan identitas terhadap usaha yang dimiliki seperti logo dan pembuatan akun media sosial, sebagai sarana untuk melakukan pemasaran. 

Oleh karena itu, mahasiswa Kuliah Keja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro (UNDIP) 2023/2024, Prida Najwa Azzahra mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis 2021 mengadakan Program Kerja (Proker) mengenai pelatihan dalam pembuatan identitas UMKM secara digital, meliputi dalam pembuatan logo usaha, akun email dan akun Instagram.

Program Kerja Pendampingan pembuatan logo usaha, akun email dan akun Instagram dilakukan pada Kamis (25/07/2024). Program kerja ini dilakukan pada UMKM yang memproduksi aneka kue rumahan dan roti yang dimiliki sendiri oleh Ibu Purwi Hanegeri, dalam proses pembuatan logo usaha tersebut diberikan beberapa opsi pilihan logo serta melakukan diskusi mengenai logo yang cocok, sesuai dengan usaha serta keinginan Ibu Purwi. 

Nama usahapun di buat dengan nama “Lili Kitchen” yang diambil dari nama anak pertama Ibu Purwi. Setelah logo usaha dan nama usaha dibuat kemudiann mencetak dalam sebuah stiker yang bisa di pakai pada kemasan produk. Dalam pendampingan pembuatan akun email usaha dilaksanakan di hari yang sama serta menggunakan identitas pribadi Ibu Purwi. Kemudian pembuatan akun Instagram serta mengupload konten video produk yang telah dibuat.

Penulis berharap dengan dilaksankanya program kerja pendampingan pembuatan identitas usaha dan pembuatan akun media sosial pada UMKM di Desa Pulosari, dapat memiliki identitas digital yang kuat dan efektif. Dengan adanya logo, akun email, dan akun Instagram, UMKM diharapkan mampu menjangkau konsumen lebih luas dan meningkatkan visibilitas serta daya saing usaha di pemasaran digital. Dengan memahami pentingnya identitas usaha dan pemasaran secara digital diharapkan pelaku UMKM dapat bersaing secara luas dan penjualan.

Editor: Nur Ardi

Nama

Akomodasi,2,Destinasi Wisata,19,Ekonomi Kreatif,32,Hotel,1,Khazanah,2,kuliner,6,oleh-oleh,1,Pendidikan,278,Rekomendasi,28,Terbaru,79,Travelling,14,Wisata Alam,5,Wisata Arsitektur,2,Wisata Kuliner,6,
ltr
item
Jateng.net: Bantu UMKM Desa Pulosari Bertransformasi, Mahasiswa KKN Undip Adakan Pelatihan Pembuatan Identitas UMKM Secara Digital
Bantu UMKM Desa Pulosari Bertransformasi, Mahasiswa KKN Undip Adakan Pelatihan Pembuatan Identitas UMKM Secara Digital
Prida Najwa Azzahra mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis 2021 mengadakan Program Kerja mengenai pelatihan dalam pembuatan identitas..
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjus-hzuSqdjmQtxuxEYwCKU3qJkS1SohUiBSDkr3-vxp93AjM1UcnsVEXCZmy4y3dpx6enJmcVnqdmwtqoNSTSLw4QU9Zcg499ejpr8KbNFJfl8IsTcPT368pwJkd5BtwUJ6zSerxsYeoiqdtew0LGrpVQ69EMji2rH41KYh3NdKIMYF9a94pXZx1ygok/s16000/3535353Gambar1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjus-hzuSqdjmQtxuxEYwCKU3qJkS1SohUiBSDkr3-vxp93AjM1UcnsVEXCZmy4y3dpx6enJmcVnqdmwtqoNSTSLw4QU9Zcg499ejpr8KbNFJfl8IsTcPT368pwJkd5BtwUJ6zSerxsYeoiqdtew0LGrpVQ69EMji2rH41KYh3NdKIMYF9a94pXZx1ygok/s72-c/3535353Gambar1.jpg
Jateng.net
https://www.jateng.net/2024/08/bantu-umkm-desa-pulosari-bertransformasi-mahasiswa-kkn-undip-adakan-pelatihan.html
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/2024/08/bantu-umkm-desa-pulosari-bertransformasi-mahasiswa-kkn-undip-adakan-pelatihan.html
true
286759587895392098
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi