Bantu Branding dan Pemasaran, Mahasiswa KKNT UPGRIS Edukasi Mengenai Brand Marketing kepada UMKM di Desa Rowoboni

JATENG.NET, KAB. SEMARANG - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, terutama dalam men...

JATENG.NET, KAB. SEMARANG - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, terutama dalam menciptakan lapangan kerja dan pemberdayaan ekonomi lokal. 

Desa Rowoboni, dengan potensi ekonominya yang besar, memiliki banyak UMKM yang menghasilkan produk berkualitas tinggi. 

Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah bagaimana memasarkan produk tersebut secara efektif dan membangun brand yang kuat. Edukasi tentang brand marketing menjadi kunci untuk membantu UMKM di Desa Rowoboni meningkatkan branding dan pemasaran mereka.

Brand marketing adalah proses menciptakan dan mempromosikan identitas unik dari sebuah produk atau bisnis. Ini melibatkan berbagai strategi untuk membangun kesadaran, kepercayaan, dan loyalitas pelanggan terhadap brand

Bagi UMKM, brand marketing sangat penting karena Meningkatkan Daya Saing. Dengan brand yang kuat, UMKM dapat bersaing lebih baik di pasar yang semakin kompetitif. Membangun Kepercayaan Brand yang dikenal dan dipercaya oleh konsumen akan lebih mudah mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. 

Meningkatkan Nilai Produk dengan brand yang kuat sering kali dapat dijual dengan harga lebih tinggi karena persepsi nilai yang lebih baik. Dan juga Pengenalan Brand Marketing dan Mengidentifikasi elemen-elemen penting dari sebuah brand seperti, logo, slogan, dan nilai-nilai brand.

Membangun Identitas Brand melalui Penentuan Target Pasar dengan Mengidentifikasi siapa target pasar UMKM dan bagaimana cara terbaik untuk menjangkau mereka dan juga Pembuatan Logo dan Slogan Membantu UMKM dalam mencerminkan identitas dan nilai-nilai brand mereka. 

Dengan Konsistensi Brand dapat Menekankan pentingnya konsistensi dalam semua aspek komunikasi dan pemasaran untuk membangun brand yang kuat. 

Adapun Strategi Pemasaran Digital seperti Pemanfaatan Media Sosial Mengajarkan cara menggunakan platform media sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, dan WhatsApp untuk mempromosikan produk, dengan Pembuatan Konten yang Menarik  dan relevan untuk audiens target. 

Membangun Hubungan dengan Pelanggan yang Baik itu juga dapat Menekankan pentingnya layanan pelanggan yang baik dalam membangun loyalitas brand. Dengan Loyalitas Mengajarkan cara membuat program loyalitas untuk mempertahankan pelanggan.

Saya juga melakukan pembuatan logo karena memiliki merek sangat penting untuk membantu usaha mampu bersaing. Karena logo adalah langkah pertama dalam mengembangkan merek, sebuah bisnis harus mendesainnya dengan cermat.  

Pengembangan logo bagi UMKM akan berdampak pada  nilai  jual produk itu sendiri. Komponen-komponen ini membantu pembeli dalam memvisualisasikan, menggambarkan, dan  membedakan  barang  yang  ditawarkan. Kekuatan logo  adalah pelanggan akan segera menghubungkannya dengan merek.

Ibu Sulis sangat berterimakasih dengan bantuan pembuatan logo yang dilakukan oleh mahasiswa KKNT Upgris “Membantu banget, logonya jadi lebih bagus terus sesuai keinginan saya, semoga jadi lebih banyak yang beli” Ucap Ibu sulis. 

Pemaparan modul mengenai pentingnya Creative Marketing& branding pada UMKM Kerajinan Iboni Craft

Edukasi tentang brand marketing sangat penting bagi UMKM di Desa Rowoboni untuk membantu mereka membangun brand yang kuat dan meningkatkan pemasaran produk mereka. 

Dengan pemahaman yang baik tentang brand marketing, UMKM dapat meningkatkan daya saing, membangun kepercayaan pelanggan, dan meningkatkan nilai produk mereka. 

Melalui langkah-langkah edukasi yang tepat, UMKM di Desa Rowoboni dapat mencapai kesuksesan yang lebih besar dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal.

Editor: Nur Ardi

Nama

Akomodasi,2,Destinasi Wisata,19,Ekonomi Kreatif,32,Hotel,1,Khazanah,2,kuliner,6,oleh-oleh,1,Pendidikan,278,Rekomendasi,28,Terbaru,79,Travelling,14,Wisata Alam,5,Wisata Arsitektur,2,Wisata Kuliner,6,
ltr
item
Jateng.net: Bantu Branding dan Pemasaran, Mahasiswa KKNT UPGRIS Edukasi Mengenai Brand Marketing kepada UMKM di Desa Rowoboni
Bantu Branding dan Pemasaran, Mahasiswa KKNT UPGRIS Edukasi Mengenai Brand Marketing kepada UMKM di Desa Rowoboni
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgwk74UVxf4wesYOry_D3nUrjhNEUAOKzdvQG0dIHVByjeqjzgW-AtqtZYFabUFGUTc_sQ-PfvoZn0eVHoMsAzBIXNG30nGgi1OoMOGPASd6UI2qReM-FTDxUKoZJUNJpTVg0MV3xwu21XD-bHeaicgRXe_ABYp0Vyy4hdAN1Xnf7d8YzzlkYNG6XpOmrk/s320/2r32r3232Gambar1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgwk74UVxf4wesYOry_D3nUrjhNEUAOKzdvQG0dIHVByjeqjzgW-AtqtZYFabUFGUTc_sQ-PfvoZn0eVHoMsAzBIXNG30nGgi1OoMOGPASd6UI2qReM-FTDxUKoZJUNJpTVg0MV3xwu21XD-bHeaicgRXe_ABYp0Vyy4hdAN1Xnf7d8YzzlkYNG6XpOmrk/s72-c/2r32r3232Gambar1.jpg
Jateng.net
https://www.jateng.net/2024/08/bantu-branding-dan-pemasaran-mahasiswa.html
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/2024/08/bantu-branding-dan-pemasaran-mahasiswa.html
true
286759587895392098
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi