Edukasi Gadget Aman: Mengenali Bahaya dan Strategi Cegah Cyberbullying di SD Muhammadiyah 24 Gajahan

Pada Sabtu, 20 Juli 2024, program monodisiplin KKN UNDIP 2024 bertajuk “Edukasi Gadget Aman: Mengenali Bahaya dan Strategi Cegah Cyberbullying”
Surakarta – Pada Sabtu, 20 Juli 2024, program monodisiplin KKN UNDIP 2024 bertajuk “Edukasi Gadget Aman: Mengenali Bahaya dan Strategi Cegah Cyberbullying” berhasil diselenggarakan di Posyandu RW.4 Kelurahan Gajahan. Yang berlokasi di SD Muhammadiyah 24 Gajahan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya remaja, tentang bahaya cyberbullying serta memberikan strategi pencegahannya.

Acara ini dimulai dengan penyampaian materi sosialisasi yang informatif dan diakhiri dengan pembagian leaflet panduan. Materi sosialisasi yang disampaikan mencakup definisi cyberbullying, yaitu tindakan negatif yang dilakukan melalui pesan teks, foto, gambar meme, dan video dengan tujuan menyindir, menghina, melecehkan, mendiskriminasi, atau mempersekusi individu.

Menurut data statistik dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia didominasi oleh usia produktif, dengan sebagian besar remaja menggunakan internet untuk mengakses media sosial. Data ini menunjukkan bahwa banyak remaja yang menggunakan internet hanya untuk percakapan di media sosial dan kurang memanfaatkannya untuk tujuan edukatif.

Cyberbullying yang dilakukan secara verbal terasa lebih kasar dan vulgar dibandingkan dengan yang disampaikan secara non-verbal. Pesan non-verbal seperti gambar, meme, dan simbol dapat menyamarkan dampak negatifnya," jelas pemateri. Program ini juga menekankan pentingnya Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan layanan pengaduan dari Kominfo sebagai langkah hukum untuk menanggulangi cyberbullying.
Para peserta yang hadir, terutama para anak-anak, remaja, dan juga orang dewasa sangat antusias mengikuti sosialisasi ini. Mereka mendapatkan wawasan baru tentang bagaimana menggunakan media sosial dengan bijak dan bertanggung jawab. Leaflet yang dibagikan di akhir acara juga berfungsi sebagai panduan praktis untuk menyikapi cyberbullying.

"Ini adalah langkah awal yang penting dalam mengedukasi masyarakat, terutama generasi muda, tentang penggunaan teknologi yang aman dan bertanggung jawab. Kami berharap, dengan pemahaman yang lebih baik, akan ada penurunan kasus cyberbullying di lingkungan kita," pungkas Teguh Eka Budianto sebagai pelaksana acara.

Kami mengundang semua pihak untuk turut serta dalam upaya pencegahan cyberbullying dan memastikan penggunaan internet yang positif dan produktif bagi semua. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi +6282111652559 (Teguh) atau kunjungi Instagram Tim KKN Gajahan @kkngajahanundip.

Pemateri : Teguh Eka Budianto 
Program Studi & Fakultas  : Ilmu Komunikasi / Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 
Lokasi KKN : Kelurahan Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta
Nama

Akomodasi,2,Destinasi Wisata,19,Ekonomi Kreatif,31,Hotel,1,Khazanah,2,kuliner,6,oleh-oleh,1,Pendidikan,276,Rekomendasi,28,Terbaru,79,Travelling,14,Wisata Alam,5,Wisata Arsitektur,2,Wisata Kuliner,6,
ltr
item
Jateng.net: Edukasi Gadget Aman: Mengenali Bahaya dan Strategi Cegah Cyberbullying di SD Muhammadiyah 24 Gajahan
Edukasi Gadget Aman: Mengenali Bahaya dan Strategi Cegah Cyberbullying di SD Muhammadiyah 24 Gajahan
Pada Sabtu, 20 Juli 2024, program monodisiplin KKN UNDIP 2024 bertajuk “Edukasi Gadget Aman: Mengenali Bahaya dan Strategi Cegah Cyberbullying”
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsIIkXe1tV2sRg7N599-ATy0pcCWe2Lsr5-b0N6-N5qdqrReytMESdc2q0vJa5mErnMppJ9UVEIQEY2H0vnyc5dgdtd_Dfu-ATWpN5_iKiH7WlAmFs8DKFps2tDNRGqZ2xB-Q6gT4Anu5s8bzp0PulDqtj43GCafRyDMTDtjq4blXw_RY4USvFfLQS7H4/s320/IMG_5895.PNG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsIIkXe1tV2sRg7N599-ATy0pcCWe2Lsr5-b0N6-N5qdqrReytMESdc2q0vJa5mErnMppJ9UVEIQEY2H0vnyc5dgdtd_Dfu-ATWpN5_iKiH7WlAmFs8DKFps2tDNRGqZ2xB-Q6gT4Anu5s8bzp0PulDqtj43GCafRyDMTDtjq4blXw_RY4USvFfLQS7H4/s72-c/IMG_5895.PNG
Jateng.net
https://www.jateng.net/2024/07/edukasi-gadget-aman-mengenali-bahaya.html
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/
https://www.jateng.net/2024/07/edukasi-gadget-aman-mengenali-bahaya.html
true
286759587895392098
UTF-8
Dimuat Semua Posts Tidak ditemukan posting apapun LIHAT SEMUIA Selengkapnya Reply Cancel reply Delete Oleh Home HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua MENARIK UNTUK DIBACA LABEL ARSIP PENCARIAN ALL POSTS Tidak ditemukan posting yang cocok dengan permintaan Anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februar Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code Semua kode disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode / teks, silahkan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin Daftar Isi